SITUS MAKAM TUMENGUNG BAHURSKSO (ADIPATI KENDAL) - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


21 February 2018

SITUS MAKAM TUMENGUNG BAHURSKSO (ADIPATI KENDAL)


KENDAL, suarakpk.com - Makam Tumenggung Bahurekso dan Pangeran Trondol terletak di Jl Keberkahan rt01/01 desa Lebaksiu kidul kec Slawi kab Tegal Jawa Tengah.
Menurut juru kunci Makam Tumenggung Bahurekso dan Pangeran Trondol, Asipi, saat ditemui suarakpk.com, senin (19/2), dirinya bercerita tentang sejarah Pangeran Trondol. Asipi menerangkan bahwa makam Tumenggung Bahurekso yang asli adalah di tempat tersebut dan telah berusia kurang lebih 374 tahun.
"Pangeran Trondol pada zaman dahulu adalah orang sakti yang melakukan tirakat atau lelaku selama 12 tahun, dan selama itu pula rambutnya tidak pernah dipotong hingga panjang mencapai tanah." kata Asipi Juru Kunci Makam.
Lebih lanjut, dia mengisahkan jika rambut Pangeran Trondol selalu diikat ke atas.
"Dan rambutnya selalu digulung keatas agar tidah terkena tanah. Pada saat pangeran Trondol telah selasai menjalankan tirakat atau lelakunya ia diperintahkan oleh gurunya untuk memotong rambutnya namun tak ada seorangpun yang mampu memotong rambutnya hingga ia bertemu dengan Tumenggung Bahurekso Adhipati Kendal yang pertama dan hanya beliaulah yang mampu memotong rambutnya." jelasnya.
Asipi mengisahkan jika sejak saat itu Pangeran Trondol berjanji akan hidup mati bersama Tumenggung Bahurekso.
"Hingga keduanya wafat dan dimakamkan di desa tersebut." pungkasnya. (Imam Riyadi/Dwi)

No comments:

Post a Comment