Relawan dan Satgas Anti Money Politik Maret Dikukuhkan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


08 February 2018

Relawan dan Satgas Anti Money Politik Maret Dikukuhkan



MUNA BARAT, suarakpk.com - Dalam rangka mengantisipasi akan terjadinya money politik di Muna Barat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tanggal 27 Juli mendatang, berbagai relawan dan satgas sudah digagas. Bahkan renacana pengukuhannya pun sudah dijadwalkan.

Koordinator Laode Sariba mengatakan, deklarasi relawan dan satgas anti money pokitik dan satgas ASN itu akan digelar bulan Maret mendatang.

"Ribuan masyrakat Muna Barat dalam waktu dekat akan melakukan deklarasi satgas anti money politik yang nantinya akan dipimpin langsung oleh Bupati Muna Barat La Ode M Rajiun Tumada,  M. Si,"jelaanya.

Kata dia, langkah ini ditempuh sebagai bentuk perhatian serius dan keterpanggilan moral terhadap situasi politik serta proses demokrasi yang bersih di Kabupaten Muna Barat.

"Kita berharap dengan adanya langkah preventif terhadap berbagai tindakan anomali politik oleh para tim calon kepala daerah kedepan dapat kita redam. Kita sudah membuktikan saat pilkada Muna Barat dengan melakukan tindakan operasi tangkap tangan terhadap pelaku tindakan money politik dan itu terbukti sangat efektif membantu kinerja PANWAS karena banyak yang terjaring,"ulasnya.

Selain itu, sambungnnya pihaknya juga mensinyalir banyak ASN dengan unit tugas di Luar Muna Barat yang terlibat turun langsung kepada masyarakat Muna Barat saat sosialisasi kandidat calon gubernur tertentu.

"Karena itu kami pastikan setelah penetapan pasangan calon dan kampanye dimulai,  semua perangkat akan kami gerakan untuk menjerat pelaku money politik  seperti amplop dan sarung serta ASN yang terlibat secara langsung dalam kampanye ataupun politik praktis,"tegasnya.

Ditambahkan,  semua elemen akan dikerahkan lewat kordinasi RAJIUN CENTER bersama SATGAS BSB,  SATGAS Manguni,  SRIKANDI MUBAR,  Laskar Pemuda Bajo, Kuda Putih,  GARLA,  GAPURA,  GEMPUR, GRT,  PEMUDA BALI,  BAPENAS, Benteng Demokrasi Rakyat,  Asosiasi Sopir Mubar,  Garda Keadilan Rakyat dan lain-lain.

"Selanjutnya kami akan mengajak masyarakat lain di Sultra bahkan daerah lain di Indonesia yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2018 nanti agar bersama sama untuk memberantas money politik dalam Pilgub mendatang,"ungkapnya.

Yang pasti bahwa, sambungnya Muna Barat telah menunjukan proses demokrasinya lewat Pilkada lalu menempati posisi tertinggi dari sisi angka partisipasi pemilih diatas 80% serta aman dan terkendali. Dan money politik dalam berbagai prakteknya terjadi sebagai implikasi dari jauhnya jarak figur yang diusung dengan rakyat sehingga yang dilakukan adalah praktek praktek kotor dengan pendekatan money politik. (Randy)

No comments:

Post a Comment