Polres Labuhanbatu gelar Simulasi Penanganan Konflik Pilgubsu 2018 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

27 Februari 2018

Polres Labuhanbatu gelar Simulasi Penanganan Konflik Pilgubsu 2018


LABUHANBATU, su- Polres Labuhanbatu dibawah pimpinan AKBP Frido Situmorang, SH. SIK Gelar Apel Pasukan Mantap Praja Toba 2108 di Stadion Bola Kaki Binaraga Jalan Binaraga Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, dalam rangka Simulasi dalam penanganan Pilgubsu 2018, Selasa (27/2/2018).

Acara ini dihadiri/yang mewakili para Bupati Se- Labuhanbatu Raya, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, SH, SIK, Dandim 0209 LB Letkol CZi Danden Sumarlin Kajari Rantauprapat, Ketua PN Labuhanbatu, pejabat teras Polres Labuhanbatu, personel TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong praja.

"Saat ini kita sudah memasuki masa kampanye mulai 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Ini adalah tugas dan tanggung jawab kita sampai kepada tahap penetapan pelantikan kepala daerah terpilih (Gubernur dan wakil gubernur) nanti," ungkap Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang.

Rangkaian pilgubsu ini, sebut Frido, yakni dimulai pendistribusian perlengkapan pemungutan suara pada 17 Maret - 26 Juni 2018, masa tenang mulai 24 - 26 Juni 2018, pemungutan suara 27 Juni 2018, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai 28 Juni 2018 sampai dengan 9 Juli 2018.

"Melalui upacara ini, secara langsung kita sudah menunjukkan rasa semangat, kesiapan dan rasa tanggung jawab dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada Gubsu 2018 terkhusus di wilayah hukum Polres Labuhanbatu," jelasnya.

Selain itu, Frido juga menjelaskan beberapa poin bentuk kerawanan hingga terjadinya konflik yang biasanya terjadi pada saat pemilu, yakni terjadinya kecurangan money politik, black campaign, terjadinya kesalahan dalam pengelolaan DP4, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan lainnya.

"Polres Labuhanbatu berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengamanan pilgubsu nantinya dengan membagi operasi wilayah melibatkan 753 personel dengan didukung unsur TNI dan instansi terkait lainnya," tuturnya.

Dalam simulasi tadi, Aksi kekerasan yang dipertontonkan tampak Aparat keamanan sempat kewalahan menenangkan massa, namun massa semakin beringas melakukan aksi demo di TPS, berlanjut ke kantor KPU, dan sekretariat Panwaslih.
"Mari pancarkan nilai persaudaraan dan damai sejahtera saat pelaksanaan tugas, tingkatkan nilai kewaspadaan, memerhatikan tahapan setiap pelaksanaan tugas, bangun dan tingkatkan kordinasi, kerjasama antar penyelengara dan petugas pengamanan," tandasnya. (Red.408)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)