Polres Buton dan BPBD Latihan SAR Bersama - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


15 February 2018

Polres Buton dan BPBD Latihan SAR Bersama


BUTON, suarakpk.com - Jajaran kepolisian Polres Buton terus membangun komunikasi intens kepada tim BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) guna latihan bersana SAR di pelabuhan Banabungi Kecamatan Paswarwajo Kabupaten Buton Sulaweai Tenggara (Sultra), Rabu (14/2/2018) sekitar pukul 14.45 Wita.

Dalam WAnya, Kapolres Buton AKBP Andi Hermab SIk melalu Kasat Sabhara Iptu Syariddin,  dalan rangka kesiapsiagaan tanggap darurat di wilayah hukum Polres Buton, telah diadakan latihan SAR yang dipimpin langasung oleh Kapolres Buton AKBP Andi Herman SIk, Kepala BPBB Buton Drs H Joni Rasyid MPd. Sekretaris BPBD Faru Basalama SE, Kabag Ops Kompol Daniel, Kasat Intelkam AKP Laode Maktubu, Kasat Sabhara Iptu Syariddin, Kasat Binmas Iptu Yohanis TL, KBO Sabhara Iptu Paulus Marampa, Kapolsek Pasarwajo Iptu C Risard Gattu,  personil Polres Buton dan personil BPBD

Kegiatan diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Kapolres Buton AKBP Andi Herman, SIK dan Komandan Apel Kasat Sabhara Polres Buton IPTU Syariddin. Setelah pelaksanaan apel dilanjutkan dengan pengecekkan perlengkapan SAR, kemudian dilaksanakan simulasi pertolongan dan penyelamatan korban bencana.

"Diawali dengan adanya laporan dari masyarakat bahwa ada warga yang  tenggelam, kemudian Ka SPKT Polres Buton melaporkan kepada Kapolres Buton. Selanjutnya Kapolres Buton memerintahkan Kabag Ops dan Kasat Sabhara Polres Buton untuk segera mendatangi TKP guna melakukan pertolongan dan penyelamatan.  Kemudian Kabag Ops mengumpulan personil dan pengecekkan perlengkapan yang akan dipergunakan dan senjutnya Kabag Ops juga melalukan koordinasi dengan BPBD Buton untuk bersama sama berangkat ke TKP guna melaksanakan proses evakuasi korban tenggelam. lalu personil dari Polres Buton dan BPBD Buton tiba di Tkp dengan menggunakan Perlengkapan dan peralatan yg dimiliki langsung melakukan penyelamatan. Dengan bersusah payah melakukan pencarian, maka korban berhasil ditemukan. Selanjutnya Tim melakukan penyelamatan korban dengan menggunakan Perahu Karet dan Speed Boad milik Polres Buton dan BPBD Buton. Lalu korban dibawa kedarat dan diterima oleh Tim medis Polres Buton dan tim medis BPBD Buton. selanjutnya korban dibawa ke rumah sakit Umum Daerah Buton guna penganganan lebih lanjut oleh personil Polres Buton dan BPBD Buton dengan menggunakan Mobil Ambulance Polres Buton,"ungkapnya.

Kata dia, selanjutnya  pukul 15.50 wita kegiatan latihan SAR selesai, setelah dilakukan Anev Giat oleh Kasat Sabhara Polres Buton yang diikuti oleh seluruh peserta Latihan.
"Selama Giat berlangsung dalam situasi terkendali dan kondusif,"bebernya. (Randy)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad