PASIBAN Bantul, Harapkan Generasi Muda Mendapat Tuntunan Dari Tontonan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


21 February 2018

PASIBAN Bantul, Harapkan Generasi Muda Mendapat Tuntunan Dari Tontonan


BANTUL, suarakpk.com - Dalam rangka memperingati hari jadi PASIBAN (Paguyuban Sinden Bantul)  ke 8 dan sekaligus memperingati hari Kartini, akan di gelar pentas hiburan Ketoprak di dusun Trucuk kecamatan Pajangan Bantul.

Hari jadi PASIBAN tangal 21April, mulai siang kemarin Selasa (20/2), anggota Pasiban yang notabene ibu ibu,mengadakan gladi/latihan ketoprak diiringi gamelan. Pentas ketoprak mendatang akan membawa lakon/cerita "Damarwulan Winisuda".

Tukijo sebagai penulis naskah sekaligus sutradara memberi arahan dibantu Jatmi sinden Senior.
Rencananya dalam pentas nanti semua tokoh diperankan ibu ibu.

Sutimin sebagai rumah  yang juga  pelatih karawitan menuturkan bahwa merasa prihatin pada generasi sekarang, anak anak jaman now, candanya. "tidak antusias lagi dengan seni budaya warisan leluhur, kalau ada pentas wayang orang, ketoprak paling yang ditonton acara limbukannya. Kalau pentas ketoprak yaa nontonnya pas dagelan", ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa hal ini sangat disayangkan kalau saja mereka generasi muda mengenal tontonan yang didalamnya penuh tuntunan ini. "Jiwa mereka akan menjadi lembut,tidak brangasan tidak ugal ugalan karna dari tontonan itu banyak nilai nilai luhur yang disampaikan", ungkap Sutimin.

Dalam acara nanti penyampaian visi dan misi akan diselipkan dalam adegan dagelan, yang biasanya lebih mendapatkan perhatian penonton, tutur Sutimin penuh antusias.
(Rusdyawati)

No comments:

Post a Comment