Mengenal Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 February 2018

Mengenal Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Beberapa Gangguan Kesehatan alat Reproduksi bisa dialami baik itu Pria maupun Wanita, namun karena lebih banyaknya penyakit yang terjadi pada wanita, maka yang akan menjadi topik kita hari ini adalah tentang seputar kesehatan rahim. Mengenai Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita terkait seputar kesehatan rahim umumnya akibat dari Gangguan Kesehatan Reproduksi dikarenakan masalah-masalah yang tidak diduga, karena beberapa wanita yang memang selalu menjaga kebersihan Reproduksi akhirnya juga mengalami gangguan tersebut.
Penyakit yang sering dikeluhkan menyerang kesehatan reproduksi wanita adalah kanker serviks atau Kanker leher rahim. Jenis Kanker ini termasuk kanker paling mematikan nomer dua di dunia setelah kanker payudara. Kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut biasanya sulit untuk disembuhkan dan akhirnya menyebabkan kematian dalam jangka waktu yang cepat. 
Serviks atau leher rahim/mulut rahim merupakan bagian ujung bawah rahim yang menonjol diatas vagina. Perkembangan kanker leher rahim terjadi secara bertahap, namun progresif. Agar anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini, sebaiknya anda menghindari berapa hal yang menjadi Penyebab Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita yang diantaranya adalah:
Hubungan seks atau Pernikahan pada usia terlalu muda
Semakin muda perempuan melakukan hubungan seks, makan akan semakin meningkatkan resiko terkena kanker serviks. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli, didapatkan hasil bahwa perempuan yang melakukan hubungan seks pada usia kurang dari 17 tahun mempunyai resiko 3 kali lebih besar dari pada yang menikah atau berhubungan seks pada usia lebih dari 20 tahun.
Sering Berganti pasangan seksual
Selain dapat menjadi penyebab tertularnya virus HIV, suka berganti pasangan seksual juga akan meningkatkan penularan penyakit kelamin yang Mengganggu Kesehatan Reproduksi Wanita. Penyakit yang ditularkan seperti infeksi human papilloma virus (HPV) terbukti meningkatkan resiko kanker serviks, penis dan vulva. Resiko ini akan meningkat menjadi 10 kali lipat pada perempuan yang mempunyai pasangan seksual lebih dari 5 orang.
Merokok
Wanita yang merokok memiliki resiko 2 kali lebih besar menderita kanker serviks dibandingkan dengan Wanita yang tidak merokok. Penelitian menunjukkan, lendir serviks pada Wanita perokok mengandung nikotin dan zat-zat lainnya yang juga terdapat pada rokok. Zat-zat tersebut menurunkan kekebalan serviks terhadap infeksi virus.
Konsumsi Kontrasepsi oral jangka panjang
Konsumsi pil-pil pengontrol kelahiran selama 5 tahun lebih dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita-wanita dengan infeksi HPV.
Sering Hamil / Banyak anak
Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa melahirkan banyak anak juga dapat meningkatkan risiko kanker leher rahim diantara wanita-wanita dengan infeksi HPV dan Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita yang lain.
Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita
Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa meningkatkan Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita, anda khususnya wanita tentu harus berhati-hati dalam mengatur pola hidup dan mencari pasangan. Karena Wanita yang mempunyai banyak mitra-mitra seksual mempunyai risiko lebih tinggi dari ancaman kanker leher rahim. Hal ini termasuk, seorang wanita mempunyai mitra hubungan seksual dengan seorang pria yang mempunyai banyak mitra-mitra seksual juga akan meningkatkan Resiko Kanker Serviks.
Kehamilan merupakan masa yang sangat membanggakan bagi wanita, apalagi bagi anda yang baru saja menjalani kehamilan pertama. Ibu hamil atau dikenal dengan istilah kedokteran gravida di dalamnya terdapat embrio yang mengalami pertumbuhan hingga 42 minggu. Pada masa awal kehamilan atau dikenal dengan istilah trimester memiliki kebutuhan yang berbeda, misalnya saja pada trimester pertama yang membutuhkan makanan yang mengandung asam folat dan beberapa makanan yang dapat menguatkan janin anda dikarenakan pada bulan-bulan pertama sangat rentan terhadap keguguran.
Memasuki pada usia kandungan di trimester kedua berbagai organ tubuh sudah mulai berkembang, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya harus disertai dengan dukungan dari asupan nutrisi yang sesuai. Pengaturan pola makan harus anda perhatikan begitu juga ketika memasuki trimester akhir dimana persalinan sangat dekat dengan anda.Beberapa makanan yang sangat membantu dalam menyediakan energi dapat anda konsumsi dengan kebutuhan yang disesuaikan. Berbagai cara dilakukan dalam menjaga tumbuh kembang janin dari mulai makanan yang menutrisi hingga latihan bagi ibu hamil.
Meskipun demikian ibu hamil tidak saja sekedar kebutuhan asupan nutrisi dan latihan kehamilan akan tetapi ternyata ibu hamil berharap bahwa bayi yang mereka lahirkan kelak memiliki kulit yang putih dan bersih. Bahkan mitos yang beredar dimasyarakat kulit bayi yang bersih dan putih dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan air ketuban dari asupan makanan, betulkah demikian? Pada umunya kulit yang putih berasal dari gen alias diwariskan dari keluarga baik dari ibu ataupun ayah sehingga beberapa makanan tidak dapat mengubah gen tersebut akan tetapi dalam menjaga air ketuban yang bersih dan putih (tidak keruh) sehingga menjaga kesehatan rahim selama kehamilan dapat anda pilih beberapa makanan berikut :
1. Air Putih
Ibu hamil memang disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya, anda disaranakan untuk mengkonsumsi air putih yang berpengaruh pada kejernihan air ketuban dan dapat membuat metabolisme yang lebih lancar pada tubuh anda. Beberapa ibu hamil merasakan mual ketika mengkonsumsi air putih, anda dapat mengkonsumsi air putih yang hangat dengan sedikit rasa dari perasaan lemon tentu saja tanpa tambahan gula.
2. Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk ibu hamil, nutrisi yang dibutuhkan diantaranya adalah kandungan asam folat, protein, vitamin B1 dan B2 adapula kandungan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh ibu hamil.Selain itu kandungan protein nabati yang di miliki oleh kacang hijau dapat membantu perkembangan ibu hamil. Dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau akan membantu dalam menjaga kejernihan air ketuban dan tentunya kesehatan janin lebih terjaga.
3. Air Kelapa Muda
Berbagai ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air kelapa pada usia kandungan 6 bulan ke atas. Kandungan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa akan membantu dalam menjaga kesehatan rahim terutama kebersihan air ketuban. Dengan terjaganya kebersihan air ketuban akan membantu anda dalam menjaga kebersihan bayi di dalam kandungan anda.
Dengan demikian bagi anda yang sedang hamil, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan akan membantu anda dalam menjaga perkembangan bayi di dalam kandungan. Begitu juga manfaat yang dihasilkan oleh makanan yang anda konsumsi dalam menjaga beberapa faktor pendukung kesehatan termasuk makanan yang membantu anda dalam menjaga kesehatan rahim dan air ketuban yang tetap jernih. Dikutip dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad