Ketua TP PKK Labuhanbatu Siapkan IVA Test/PAP Smear Cegah Kanker - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


15 February 2018

Ketua TP PKK Labuhanbatu Siapkan IVA Test/PAP Smear Cegah Kanker



LABUHANBATU,suara -  Tidak henti-hentinya menciptakan inovasi untuk kepentingan dan pemberdayaan kaum perempuan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj.Siti Awal Pangonal Harahap, kembali berupaya merealisasikan terobosan baru berupa menyiapkan IVA test/Pap Smear untuk mencegah kanker Serviks, di Aula Gedung PKK Labuhanbatu, Kamis (15/02/2018).

"Pada hari ini, selain melakukan pertemuan bulanan, kita juga mengadakan pemeriksaan IVA Test ibu-ibu pokja IV, dimana kita mengetahui bersama bahwa pemeriksaan ini bukan sebatas kegiatan seremonial semata, tetapi untuk mencari upaya agar ibu-ibu di Labuhanbatu ini terus sehat dan dapat terus berinovasi" ujar Hj. Siti Awal.

Isteri Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap SE,M.Si ini menerangkan, menurut data PBB melalui WHO menyatakan bahwa pada tahun 2005 kanker serviks menjadi penyebab kematian lebih dari 250.000 di seluruh dunia, kurang lebih 80% s/d 83% kematian tersebut berada di negara berkembang seperti Indonesia.

"Nah, ini merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi kaum ibu, akan tetapi, penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan IVA Test/Pap Smear" sebut Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu.

Hj.Siti Awal Siregar yang juga pernah mendapat nominasi sebagai perempuan tangguh Labuhanbatu Tahun 2017 ini, menyampaikan ucapan terimahkasih kepada ibu-ibu pokja IV, atas ide kretif nya dan diharapkan kepada ibu tim penggerak PKK Pokja lainnya dapat melakukan kegiatan-kegiatan lain, sehingga eksistensi atau keberadaan tim penggerak PKK di kabupaten Labuhanbatu ini tidak di pandang sebelah mata.

"Dalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan jadwal suvervisi kegiatan 9 lomba dalam rangking PKK BBGRM dan HGK KKBP kesehatan, kepada ibu-ibu tim kecamatan agar benar-benar membina Desa/Kelurahan masing-masing sehingga kita dapat mengirimkannya ke tingkat provinsi" bilangnya.

Lebih jauh, Ketua TP PKK menyarankan, kepada ibu-ibu Kepala Desa yang baru terpilih pada tanggal 19 januari 2018 lalu, agar supaya ketua tim penggerak PKK kecamatan dapat melakukan pelantikan untuk melakukan serah terima barang inventaris PKK desa dari tim penggerak PKK Desa yang lama, dan segera dapat dimanfaatkan demi kepentingan masyarakat.

Disisi lain, Hj. Siti Awal Siregar menguraikan, pada minggu kedua bulan Maret Tahun 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan mengadakan agenda tahunan yaitu Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), tentunya TP PKK Labuhanbatu selaku mitra kerja untuk dapat memberikan kontribusi dalam kegiatan tersebut.

"Saya harapkan, kepada ibu-ibu Tim Penggerak PKK kecamatan agar mempersiapkan segala kerajinan dalam bentuk makanan, souvenir, minuman dan lain-lain, untuk di tampilkan dan di jual dalam stand pemerintah kabupaten Labuhanbatu pada PRSU mendatang" pintanya.

Selain itu, Hj. Siti Awal juga memberikan apreasiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Tim Penggerak PKK dan masyarakat yang sangat antusias mengikuti pemeriksaan Iva test/pap Smear tersebut.

"Saat ini, pemeriksaan baru di ikuti 5 kecamatan yakni Bilah Barat, Bilah Hulu, Rantau Utara, Rantau Selatan dan pangkatan, karena ini wilayah yang paling dekat , untuk selanjutnya nanti akan kita adakan di kecamatan-kecamatan yang lain, dan semoga bermanfaat bagi kita semua" imbuhnya.

Sementara, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, menurut Dr. Viana, kondisi kesehatan kaum ibu yang di periksa seluruhnya dalam kondisi normal dan bagus.

"Alhamdulillah kita semuanya dalam kondisi sehat, dan saya harapkan kepada ibu-ibu yang telah di periksa agar memberitahukan dan mengajak kepada teman-teman yang lain, ini juga sejalan dengan program pak Bupati agar Masyarakat Labuhanbatu tidak sakit" tutup bunda Paud Labuhanbatu ini. (IR.012).

No comments:

Post a Comment