Ini Dia, Dari Hobi Malah Mendapat Sepuluh Juta - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 February 2018

Ini Dia, Dari Hobi Malah Mendapat Sepuluh Juta


KEBUMEN, suarakpk.com-
Siapa yang mengira dari hobi yang 'berdiam diri' serta modal hanya 40 ribu rupiah untuk kut lomba maka akhirnya membawa pulang uang sepuluh jiuta rupiah dari Kebumen ke rumahnya di Banyumas. Keberuntungan tersebut dialami Karsono bersama beberapa pemenang lainnya yang mengikuti Lomba Mancing Mania di desa Jemur kecamatan Pejagoan kabupaten Kebumen pada Minggu siang (11/2) yang diselenggarakan Komunitas Mancing Mania Kebumen seperti KFC (yang mempunyai anggota terbanyak 12 ribu yang tersebar dikota lainnya seperti Depok, Karawang, Bogor,Yogyakarta dan lainnya), GTC Prumpung, LPC, LFT, SMK dan KOMPAK yang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen.
Lomba Mancing dalam rangka program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dengan lokasi alur sungai sepanjang 650 meter itu diikuti duaribu limaratus pemancing mania yang  kebanyakan dari Kebumen namun ada juga yang dari Yogyakarta, Purworejo, Banyumas, Cilacap dan Tegal. Bahkan panitia sampai menolak ribuan peserta karena lokasi yang tidak memungkinkan.

Acara tersebut dimulai pukul 09.30 diawali tebaran ikan 1 ton dari Dinlutkan Kebumen dengan alur sungai sepanjang 650 meter serta acara berakhir pukul 1 siang . Dan acara lberlangsung benar-benar meriah dengan diiringi hiburan organ tunggal dari Eto bersama dua biduan cantiknya melantunkan lagu Juragan Empang dan lainnya. Apalagi banyaknya penjual makanan dan penonton sehingga sampai memacetkan jalan kampung yang hanya 4 meter tersebut. 
Peserta lomba mancing mania yang kebanyakan bermula dari hobi tersebut, akhirnya melahirkan pemenang yakni: Juara Pertama, Karsono dari Banyumas dengan NJ (Nomor Joran )1034 menghasilkan ikan seberat 1930 kilogram mendapat hadiah 10 juta rupiah beserta piala dan piagam dari Panitia dan Dinlutkan Kebumen, Juara kedua Junaidi dari Sruweng  NJ 2289 dengan ikan seberat 1925 kg ,Juara ketiga Taufik dari Pejagoan  NJ 0283 dengan berat ikan 1535  kg , Juara keempat Agus JB Kebumen NJ 0283 dengan  ikan 1390 kg , Juara kelima Bejo dari Prumpung NJ 1502 dengan seberat 1390 kg dan Juara keenam Moch. Nasrudin  dari Buluspesantren NJ 0922  dengan hasil pancingan seberat 1355 kilogram. Dan secara kebetulan pemenang juara 2 hingga 6 dari Kebumen dan masing-masing mendapat piala serta piagam serta hadiah jutaan rupiah.

Penyerahan hadiah juara 1 hingga 6 dilakukan secara simbolis diatas panggung yang masing-masing di serahkan oleh  Drs. La Ode Haslan Kadis Dinlutkan Kebumen, Camat Pejagoan Suyitno SSos, Kapolsek Pejagoan AKP Raden Widiyanto, Sarmin Koramil, Ketua Panitia Adi Pangripto, dan Waris Kades Jemur dengan dipandu MC  Ii LS dari Petanahan.
Adi Pangripto sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa panitia juga membagikan secara langsung  doorprice dari undian nomor peserta berupa alat-alat peralatan pemancingan sebanyak 50 buah serta juga hadiah uang tunai langsung sejumlah 50 ribu rupiah bagi peserta yang berhasil memancing ikan yang berpita merah. Dan sebanyak 50 ikan berpita metah yang ditebarkan panitia, ternyata sudah habis terpancing dan sudah  dicairkan menjadi 50 ribu rupiah oleh peserta pemancing mania.
Dan Adi Pangripto menambahkan bahwa agenda Lomba Mancing berikutnya adalah 25 Februari lusa di desa Banjarwinangun kecamatan Petanahan dengan uang pendaftaran 35 ribu rupiah dengan hadiah Juara pertama 3 juta 500 ribu, Juara kedua hadiah 2 juta, Juara ketiga hadiah 1juta 500 ribu, Juara keempat hadiah  1 juta dan Juara kelima hadiah 500 ribu dengan tebaran ikan 8 kuintal. Dan pada bulan Maret akan diadakan di desa Ambal Kecamatan Ambal.

Secara umum lomba mancing mania berlangsung meriah dan sukses tetapi setelah selesai acara menjadi agak ternodai oleh ulah oknum beberapa pemancing yang meminta uang pendaftaran kembali yang diikuti puluhan pemancing lainnya. Sehingga panitia mengalah menurutinya namun akan menjadi catatan daftar hitam (blacklist) dari panitia untuk para peserta tersebut dalam event-event berikutnya, karena ketidak sportif-an peserta dalam menerima kekalahan dengan alasan apapun. (Setiawan)

No comments:

Post a Comment