GEMPAL Apresiasi Pernyataan Bupati Muna Barat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


11 February 2018

GEMPAL Apresiasi Pernyataan Bupati Muna Barat



MUNA, suarakpk.com - Generasi Muda Peduli Lingkungan  (GEMPAL) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat mengapresiasi sikap Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada atas keberaniannya untuk mengharamkan politik uang pada  perhelatan politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018.

Ketua GEMPAL Sultra, Muh Akhirullah mengatakan  perang terhadap politik uang (money politic) tidak cukup hanya dengan kata-kata. Mesti ada tindakan nyata agar pesta demokrasi tidak terkotori dengan praktek politik yang menciderai demokrasi itu sendiri. Mencegahnya, dapat dilakukan dengan berbagai cara.

"Langkah tersebut merupakan bentuk pendidikan politik kepada masyarakat. Dengan begitu masyarakat dapat merubah pola pikir tentang jual beli suara, sebab money politik juga lahir karena permintaan,"ungkapnya.

Sebab politik uang itu terjadi karena bentuk kesepakatan antara pemberi dan penerima. Jadi masyarakat juga punya andil terjadinya politik uang. Sehingga harus sama sama menjaganya.


Dia pun berharap sikap tersebut dapat menjadi percontohan bupati dan wali kota lain dalam menyikapi pesta demokrasi. “Kita tidak boleh menutup mata. Ini contoh sikap yang sangat objektif dan sesuai dengan tatanan demokrasi, dalam menjalankan pesta demokrasi,” tuturnya.

Karena itu para pimpinan-pimpinan daerah harus lebih proaktif dalam mengawal demokrasi yang sehat, sehingga masyarakat dapat menyadari tujuan dari politik dengan baik. (Randy)

No comments:

Post a Comment