Dandim 0713/Brebes Himbau Warga Tidak Mendekati Lokasi Longsor - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


25 February 2018

Dandim 0713/Brebes Himbau Warga Tidak Mendekati Lokasi Longsor


BREBES, suarakpk.com - Kepada warga Brebes dan sekitarnya, agar tidak mengunjungi dan memenuhi areal lokasi tanah longsor di Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem. Himbauan ini disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono melalui pesan singkatnya dan meminta kepada awak media untuk membantu menyebarkannya kepada seluruh masyarakat. Minggu (25/2/2018).

“Untuk menghindarkan korban jiwa tambahan apabila terjadi longsor/bandang susulan, wanita dan anak-anak dilarang keras mendekati lokasi. Bagi laki-laki yang mau datang membantu wajib bawa alat kerja berupa parang, chainsaw, cangkul, sekop dan alat-alat lainnya. Namun lebih saya sarankan untuk tetap tinggal dirumah kepada para warga masyarakat, perbanyak berdoa untuk para korban dan keluarganya serta para relawan agar selamat dan berhasil menemukan kesemua jenazah,” pesan singkat Dandim untuk warga Brebes dan sekitarnya.
Selanjutnya Dandim menjelaskan untuk pembatasan kendaraan dari arah luar Salem, dimulai dari pertigaan Kota Salem dan pertigaan Desa Bentar. Pelarangan warga naik kearah Gunung Lio adalah 300 meter dari titik longsor jalan.

"Saya juga meminta bantuan Camat Salem untuk membantu pengerahan warga Salem untuk memeriksa sungai dan sekitar halaman masing-masing yang banyak timbunan lumpur, apabila ada bau busuk menyengat dan banyak lalat hijau yang berkerumun segera melapor kepetugas, karena kemungkinan besar ada indikasi jenazah tertimbun disana," ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa kemungkinan adanya jenazah dan potongan bagian tubuh yang sudah terbawa arus air dan lumpur yang tersangkut sepanjang sungai dibelakang rumah-rumah warga.

"Mari kita bersama-sama fokus membantu pencarian korban daripada nonton ramai-ramai dilokasi, anggaplah bantuan sebagai ibadah, terima kasih atas kerjasamanya dan ini akan sangat membantu sekali dalam penemuan para korban dihari ke-4 ini,” ujar Letkol Hadi.
Untuk kegiatan penanganan bencana diwilayah Kabupaten Brebes hari ke-4 (25/2/18), adalah karya bhakti perbaikan tanggul yang jebol di 3 lokasi di Kecamatan Losari, lokasi pertama di Dukuh Bojong Kelurahan Kalibuntu dengan panjang tanggul 40 meter lebar 5 meter dan tinggi 5 meter. Kedua di Dukuh Bentarsari Desa Bojongsari panjang tanggul 5 meter, lebar 5 meter dan tinggi 3 meter. Sedangkan lokasi ketiga berada di Dukuh Bilawong Desa Bojongsari tanggul sekarang 15 meter lebar 5 meter dan tinggi juga tinggi 5 meter, terang Letkol Hadi

Sedangkan pelibatan personel adalah TNI 250 orang (Kodim 0713/Brebes, Mabrigif 4/DR, Yonif 407/PK dan Lanal Tegal), Polri 225 orang, BPBD 50 orang, warga  masyarakat Desa Bojongsari 100 orang dan Desa Kalibuntu 100 orang serta ditambah para relawan lainya.

Perlengkapan yang sementara tersedia adalah 5.000 karung beras, 4 unit ekscavator, 100 buah Skop dan 100 buah cangkul serta material pasir 100 dump truk, pungkasnya. (001/res)

No comments:

Post a Comment