ADA APA... PEMKAB TEKEN MOU DENGAN UDINUS SEMARANG - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Februari 2018

ADA APA... PEMKAB TEKEN MOU DENGAN UDINUS SEMARANG



BLORA,suarakpk.com -Jajaran  Pemerintah Kabupaten Blora pada hari Jumat (23/2/2018) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang tentang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni kerjasama di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.
Bertempat di Gedung H Komplek Rektorat UDINUS, penandatanganan dilakukan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho bersama Rektor UDINUS Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom dengan disaksikan jajaran Eksekutif Pemkab Blora dan jajaran pimpinan UDINUS Semarang.
Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan kerjasama penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, ia berharap kedua belah pihak bisa mendapatkan manfaat yang besar. Pihaknya menginginkan agar UDINUS bisa melaksanakan pengabdian masyarakat di Kabupaten Blora serta turut melakukan pengembangan inovasi di bidang teknologi dalam hal penyelenggaraan pemerintahan.
“UDINUS dikenal sebagai pusatnya ahli IT, maka dari itu kami ingin mahasiswa UDINUS nantinya bisa ikut melakukan pengabdian masyarakat di Blora. Misalnya melalui kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Blora untuk menerapkan berbagai disiplin ilmunya tentang pengembangan teknologi di beberapa instansi perkantoran, desa, maupun lainnya,” ucapnya.

Selain itu, Bupati juga ingin pelaksanaan pemerintahan di wilayahnya bisa dijalankan berbasis aplikasi dan teknologi. Seperti halnya penyusunan e-Planing dan e-Budgeting agar bisa sinkron sehingga Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) bisa tersaji dengan lebih baik.

“Kami ingin UDINUS membantu Blora dalam pembuatan aplikasi yang bisa mengintegrasikan antara perencanaan pembangunan dengan pembiayaan, e-Planing dan e-Budgeting berjenjang mulai dari tingkat Desa hingga Kabupaten secara terpadu. Sehingga laporan akuntabilitas penyelenggaraan kinerja instansi pemerintah bisa meningkat,” lanjutnya.

Bupati ingin penyusunan e-Planing dan e-Budgeting ini bisa dituntaskan tahun ini juga. Ia meminta agar SKPD terkait mulai dari Bappeda, BPPKD dan Dinkominfo yang menangani teknis pembuatan aplikasinya bisa kompak untuk dibantu UDINUS.

Rektor UDINUS Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom menyambut baik niat Bupati Blora yang meminta agar Kampus yang dipimpinnya bisa membantu mengembangkan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Kami siap untuk membantu Blora, lebih detailnya nanti bisa dikomunikasikan dengan yang menangangi secara teknis. Karena pada dasarnya sebuah Perguruan Tinggi harus bisa ambil bagian dalam memajukan daerah, salah satunya dengan pengabdian seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu Direktur PT.Dian Nuswantoro Teknologi & Informasi (Dinustek) Mohamad Sidiq yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk membantu Blora. Dinustek ini juga sudah berhasil membuat e-Planing dan e-Budgeting di Semarang yang bekerjasama dengan Diskominfo Kota Semarang.

“Kuncinya ada di Bappeda yang melakukan perencanaan dan BPPKAD yang melaksanakan pembiayaan. Kalau dua lembaga ini bisa kompak pasti akan bisa berjalan sesuai harapan. Nanti Dinkominfo Blora yang memfasilitasi aplikasinya. Kita siap membantu,” terangnya.

Kebetulan Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada yang juga alumni UDINUS juga hadir dalam acara tersebut. Ia menceritakan sejarah penyusunan sinkronisasi e-Planing dan e-Budgeting yang ada di Kota Semarang bersama UDINUS. Ia berharap agar Blora bisa menyusul Semarang dalam penerapan e-Planing dan e-Budgeting ini.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setyo Edy SH, MH, Inspektur Bambang Darmanto SH, MM, Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henny Indrayanti M.Kes, Kepala Kantor Kebangpol Achmad Nur Hidayat SH, M.Si, MM, Sekretaris Bappeda Irfan Agustian Iswandaru AP, M.Si, Sekretaris BPPKAD Catur Agus Irianto S.Sos, M.Si, serta sejumlah Kepala OPD lainnya.(bambang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)