Pesanggrahan Rejowinangun Tempat Berlatih Prajurit Wanita Kraton Zaman HB II - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 January 2018

Pesanggrahan Rejowinangun Tempat Berlatih Prajurit Wanita Kraton Zaman HB II



YOGYAKARTA suarakpk.com - Salah satu pesanggrahan (tempat istirahat Raja) yang dibangun oleh Sultan HB II ketika masih menjadi Putra Mahkota dengan nama kecil RM Sundoro.

Dalam akun Twitternya infojogja.co menjelaskan bahwa Pesanggrahan yang terletak di sebelah barat Sungai Gajah Wong ini dibangun pada tahun 1785. Bagian dari pesanggrahan ini adalah segaran(kolam inti), sebelah kanan dan kiri ada ruang peristirahatan, dan bagian selatan ada menara yang dapat untuk melihat pemandangan sekitar pesanggrahan.

Hobi Sultan HB II sedari menjadi Putra Mahkota hingga menjadi Sultan adalah membangun Pesanggrahan termasuk mengusulkan pada HB I untuk membangun Beteng Baluwarti untuk melindungi Kraton dari serangan musuh. tercatat telah ada 21 pesanggrahan yang dibangun.

Kemungkinan pesanggrahan ini luasnya sampai timur sungai menyatu dengan Kebon Raja yang sekarang menjadi Kebun Binatang Gembira Loka.

Oya, Pesanggrahan ini ketika HB II bertahta dijadikan markas dan tempat berlatih prajurit wanita Kraton yaitu Langen Kusumo.

Dan pada saat Kahiyang Ayu putri presiden Jokowi akan Palakrama(menikah) beberapa waktu yang lalu, pesanggrahan ini dijadikan venue foto prewedding.

Secara administratif pesanggrahan ini terletak di Kampung Warungboto Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Perempatan Pabrik Susu SGM keselatan -/+ 800 meter sebelah kiri jalan.
(Tim/red/DIY)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad