Diduga Toilet Miliaran Di DIY Tidak Berfungsi Maksimal - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 January 2018

Diduga Toilet Miliaran Di DIY Tidak Berfungsi Maksimal


YOGYAKARTA, suarakpk.com - Toilet bawah tanah berstandar internasional yang berada di Titik Nol Malioboro, yang baru saja diresmikan Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X. Toilet mewah dan termahal di Indonesia itu menelan biaya Rp 5,8 miliar, dikabarkan sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana yang direncanakan.

Toilet umum yang berada di bawah tanah itu berjumlah 20 toilet, terdiri 12 toilet wanita, 6 toilet pria, dan 1 toilet difabel, 1ruang laktasi 1 orang dan 10 urinoir bertaraf international. Fasilitas toilet underground itu terbilang istimewa. Terdapat sensor lampu, AC, CCTV serta pengelolaan limbah buangan untuk sirkulasi air. Lantai dan dinding ruangan toilet terbuat dari granit. Kloset yang tersedia dengaan jenis jongkok, duduk, dan ruangan khusus difabel. Ada pula satu ruang laktasi untuk ibu menyusui.
Toilet ini dibangun di lahan seluas 250-300 meter persegi. Letaknya berada di Jalan Panembahan Senopati atau tepatnya di depan kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Yogyakarta, tak jauh dari Jalan Malioboro.
Sebelumnya dikabarkan, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Muhammad Mansyur, di Museum Sonobudoyo, Selasa (9/1/2018) mengatakan, pengerjakan toilet termahal ini bahkan menghabiskan waktu hingga 10 bulan, dan baru selesai pada 29 Desember tahun lalu.

Namun sayangnya, pantauan di lapangan tadi siang, selasa (30/1/2018), toilet termewah di Indonesia tersebut belum ada satu bulan setelah diresmikan, sekarang dikabarkan sudah terlihat tidak terawat dan hampir tidak bisa digunakan secara maksimal.

Hingga berita ini diturunkan, suarakpk.com belum bisa memperoleh konfirmasi dari Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY dan atau Dinas terkait. (301/302/red)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad