Aksi Nyata Forum Pemuda Karang Taruna Kecamatan Mandiraja - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


22 January 2018

Aksi Nyata Forum Pemuda Karang Taruna Kecamatan Mandiraja



BANJARNEGARA, suarakpk.com - Musibah bencana tanah bergerak yang menghancurkan puluhan rumah di Desa Bantar Banjarnegara mendapat perhatian dan kepedulian dari pemuda-pemudi yang tergabung dalam Forum Karang Taruna se-Kecamatan Mandiraja. Yang diwujudkan dengan mengadakan acara  "Aksi 212 Peduli Bencana Desa Bantar Kecamatan Wanayasa". Dengan bertempat di jalan sekitar perempatan lampu merah atau bangjo Kecamatan Mandiraja, dekat pasar Mandiraja.
Acara yang dimulai pukul 10.00 hingga sore pada kemarin Minggu (21/1) diikuti sebanyak 100 peserta dari seluruh Karang Taruna desa se- Kecamatan Mandiraja dengan Penanggung Jawab kegiatan, dari Ketua Karang Taruna Kecamatan Mandiraja H. Saidin.

Aksi nyata para pemuda dalam penggalangan dana tersebut bertujuan untuk membantu korban tanah bergerak dan longsor yang menghancurkan kebun dan puluhan rumah di desa Bantar Kecamatan Wanayasa yang terjadi seminggu yang lalu.  Dan juga telah dikunjungi serta dibantu dana perbaikan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Musibah longsor serta tanah bergerak di Dusun Pramen membuat 14 rumah rusak. Jalan desa sepanjang 400 meter ambles sehingga  dua dusun, Sikenong dan Suwidak menjadi terisolir. Dari data di posko Desa Bantar tercatat 115 kepala keluarga dengan total 398 jiwa yang mengungsi.

Pantauan suarakpk.com di lapangan, untuk menggairahkan, menghibur dan menyemarakkan suasana penggalangan dana tersebut maka disajikan pula hiburan musik tek-tek  dan angklung dari Karang Taruna  Panggisari dengan vokalis dari desa  Somawangi. Banyak lagu yang disajikan seperti, Tinggal Rabi, Bojo Galak, Bojo Loro, Kelangan, Prau layar, Kelayung Layung, Edan Turun, Kerinduan, Gala Gala, Jambu Alas, Anoman Inong, dan banyak lagi lainnya.  Mobil dan motor yang lewat banyak yang antusias berhenti memberikan amal sedekahnya, ada yang nominal ribuan hingga ratusan rupiah.

Sesuai dengan ijin Polsek Mandiraja, acara dimulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Kemudian esok harinya akan berlanjut dengan penarikan ke warga di desa-desa dengan Pogram Seribu Rupiah Untuk Bencana Bantar Wanayasa dan setelah selesai dalam minggu ini akan dikirim ke lokasi bencana. Yang akan dikoordinir oleh Vera dari desa Somawangi, Sukisno dari desa Mandiraja Kulon, Aris dari desa Mandiraja Wetan dan  Agus Tobroni dari desa Panggisari.
Kegiatan positif dari para pemuda Karang Taruna Kecamatan Mandiraja yang patut diapresiasi dan patut dicontoh pemuda-pemudi yang lain telah berbuah manis dengan terkumpul sumbangan dana dalam sehari tersebut, sejumlah 7 juta 470 ribu rupiah. (Setiawan).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad