- SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


06 December 2017

Saling Bersatu Membangun Desa Guntur Madu
Suasana forum diskusi yang diadakan Desa Gunturmadu.

WONOSOBO, suarakpk.com - Perlindungan dalam
Di dalam untuk mengembangkan suatu daerah supaya lebih maju salah satu contoh adalah pedesaan. Maka untuk mewujudkan semua itu desa patut di lindungi dan di jaga keasliannya dikarenakan desa juga termasuk bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dimana dalam berlangsungnya perkembangan desa merupakan tolak ukur kemajuan negara yang nantinya akan menjadikan nilai perekonomian juga kesejahteraan warga disuatu negara maju atau tidaknya. Untuk mencapai semua itu dibutuhkan ikut sertanya peran masyarakat, kepemipinan Kepala Desa dan perangkat desa yang ada pada desa tersebut. Dikarenakan semua peran yang menyangkup dari aparat pemerintah desa maupun masyarakat menjadikan hal yang amat penting dan pokok dalam proses pembangunan desa. Melalui perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pengakuan terhadap masyarakat adat dipertegas melalui ketentuan dalam pasal 18B ayat (2) yang berbunyi “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam dalam undang-undang”.(UU Desa No.6 tahun 2014).
Dari situlah kita bisa mengetahui pembangunan desa merupakan suatu proses yang berlangsung di desa dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembanguan nasional yang mencakup segala aspek kehidupan dan penghidupan masyarakat. Dalam konteks pembangunan, dalam pemerintahan indonesia dicanangkan berbagai program diantaranya seperti program inpres desa tertinggal, program pembangunan infra struktrur pedesaan, program alokasi dana desa, program PNPM dan sebagainya. Semua program khusus ini bertujuan untuk mempercepat upaya pembangunan di daerah pedesaan.
Jiwa kepemimpinan merupakan sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk di dalamnya kewibawaan, untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka menyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa. Kemampuan seseorang dalam memimpin juga sangat berpengaruh dalam proses pembangunan, yang mana dalam kepempimpinan Kepala Desa amat sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya proses pembangunan didesa.
Seperti yang terjadi di Desa Guntur Madu, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo jiwa kepemimpinan begitu tampak nyata baik dari Kepala Desa maupun perangkat-perangkat yang didalamnya. Ide-ide bermunculan baik dari Kepala Desa maupun Perangkat untuk memajukan dan menjadikan desanya menjadi lebih baik.
Hal itu terlihat ketika Kepala Desa Guntur Madu yang bernama Ponijo memimpin salah satu forum musyawarah yang dihadiri oleh semua perangkat dan juga masyarakat pada hari Selasa (5/12). Di dalam acara tersebut Kepala Desa memberikan sambutan dan mempersilahkan semua masyarakat memberi usulan dan masukan untuk pembangunan desanya.
" Silahkan bagi warga yang datang dalam musyawarah ini jika ada hal yang ingin disampaikan dan menjadi masukan khususnya bagi saya dan perangkat desa lainnya. Supaya terjadi keterbukaan dan bisa saling mengingatkan tentang kinerja kami dalam membangun desa". Ungkap Kepala Desa.
Dalam forum yang sama juga kepala desa memberi tahukan rencana program kedepan apa yang menjadi prioritas tentang apa yang dilaksanakan untuk memajukan desanya tersebut.
" Begitulah pak Kades selalu terbuka dan selalu merapatkan apa yang terbaik bagi warganya. Contoh bantuan RTLH disini berjalan sesuai yang direncanakan dan masyarakat yang menerimanya pun ikut merasakan dampak positif". Ujar Jema salah satu warga.
Itulah yang menjadikan perlahan-lahan masyarakat dan Desa Guntur Madu menjadi lebih baik saat ini, entah dari perekonomian dan bertambahnya sumberdaya manusia yang lebih maju. Saling bekerja sama menjadikan desanya bisa bersaing dalam pembangunan walaupun sebagian besar warga adalah petani tetapi tidak kalah dikarenakan kekompakan dan saling keterbukaan. (Gus Parmin)

No comments:

Post a Comment