Peringati Hari Nusantara, Merajut Kebhinekaan Sebagai Poros Maritim - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Desember 2017

Peringati Hari Nusantara, Merajut Kebhinekaan Sebagai Poros Maritim



SEMARANG,suarakpk.com - Pemerintah telah menetapkan Hari Nusantara jatuh pada tanggal 13 Desember. Putusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomer 126 Tahun 2001 tentang Hari Raya Nasional atau dikenal dengan Hari Nusantara.

Pemerintah Kota Semarang memperingati  Hari Nusantara dengan cara mengadakan Apel bersama di halaman Balai Kota Semarang , Rabu (13/12) yang dipimipin oleh  Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu .
 Hari Nusantara bertujuan untuk mengingatkan kembali serta mengubah mindset  bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang yang berimbang antara matra darat dan matra laut.

Momentum ini digunakan untuk memperingati keberhasilan diplomasi Indonesia agar prinsip negara kepulauan diakui secara internasional melalui instrumen Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) tahun 1982.

Pengakuan ini sebelumnya didahului oleh diumumkannya “Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut merupakan sebuah keputusan untuk menyatukan Indonesia sebagai negara kepulauan, berbeda dengan apa yang termaktub dalam “Territoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie 1939”  yang menetapkan batas teritorial Indonesia secara terpisah-pisah

“Ini akan dicapai dalam gerak langkah untuk terus menjaga dan mempertahankan kemanan dan pertahanan NKRI dengan basis maritim, serta mengkombinasikan antara kekuatan ekonomi dan keamanan yang solid dalam konsep kemaritiman, guna mewujudkan negara yang sejahtera, demi meraih cita-cita Indonesia yang berdaulat dan bermartabat,” ujar Mbak Ita, sapaan akrab Wakil Wali kota Semarang  saat membacakan sambutan.

Selaras dengan tema yang diangkat pada peringatan hari Nusantara tahun 2017 ini “Gotong  Royong dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia” Mbak  Ita mengajak  semua masyarakat  Kota Semarang untuk selalu  menumbuhkan tekad, semangat dan komitmen yang di mulai dari Kota Semarang tercinta.

Pihaknya menambahkan warga Kota Semarang harus kompak, harus mengurangi sebanyak mungkin perbedaan-perbedaan dan menjadikannya sebuah rahmat. (Amir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)