Kriminalitas di Muna, Muna Barat dan Buton Utara Menurun - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


29 December 2017

Kriminalitas di Muna, Muna Barat dan Buton Utara Menurun



MUNA, suarakpk.comm - Berdasarkan analisa data pihak Kepolisian Polres Muna disebutkan dari perkembangan kriminalitas yang terjadi sejak Januari-Desember 2017, tercatat sebanyak 1.177 kasus. Ini lebih kecil bila dibandingkan tahun 2016, tercatat sebanyak 1.356 kasus, dengan kata lain mengalami penuruan 179 kasus atau 15 persen.

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos mengatakan,  penurunan angka kriminalitas itu dari kasus-kasus yang ada di wilayah hukum Polres Muna itu menunjukan  perkembangan yang ada secara umum mengalami penurunan cukup baik.


"Meskipun tahun 2017 ini ada sejumlah kasus menonjol dengan kekerasan, di antaranya pembunuhan, begal, dan curanmor serta kasus lain, ini sudah masuk dalam penyedikan," kata Agung Ramos yang dihadiri Dandim 1416/Muna Letkol Inf. Idris Hasan, Bupati Muna Barat LM. Rajiun Tumada, Kepala Pengadilan Negeri Raha Yasri, Kasi Pidsus Kejari Muna Baskara Haryasa, Kabag Ops Polres Muna Kompol Arman beserta perwira tinggi Polres Muna lainnya pada saat pemusnahan barang bukti, berupa miras tradisional jenis kameko sebanyak 1.514 liter, arak atau tuak 332 liter, miras pabrikan 132 botol, dan barang bukti hasil Operasi Zebra, yakni helm bukan standar serta knalpot bogar di belakang mako Polres Muna.

Sedangkan untuk angka kecelakaan lalu lintas sepanjang 2017 terdapat 77 kasus dibanding 2016 hanya 71 kasus. Dimana terjadi kenaikan enam kasus atau 8,4 persen. Sementara pelanggaran sebanyak 3.592 kasus mengalami penurunan sekitar 250 kasus atau 0,6 persen dari 3.842 kasus sebelumnya.

Begitu pula dengan kasus narkoba. Pihaknya  telah mengungkap sebanyak 13 kasus dan telah memenuhi target Satres Narkoba Polres Muna yang secara kuantitas mengalami kenaikan sebanyak 46 persen dibanding pengungkapan di 2016 hanya tujuh kasus.

"Karena itu jelang akhir tahun, Polres Muna menggelar press release Analisa dan Evaluasi (Anev) Keamanan dan Ketertiban Masyakarat (Kamtibmas) di tiga wilayahnya, yakni Kabupaten Muna, Muna Barat, dan Kabupaten Buton Utara sepanjang 2017. Meski begitu, kita tetap antisipasi mengenai kriminalitas di 2018 agar tidak akan terus berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas,"pungkasnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment