Kisah Unik Dibalik Operasi Zebra Kebumen - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


06 December 2017

Kisah Unik Dibalik Operasi Zebra Kebumen

Pelanggar yang terjaring dalam Operasi Zebra di Kebumen diikutkan dalam Program Kupas.

KEBUMEN, suarakpk.com- Ada yang unik dan menarik dari pelaksanaan  kegiatan rutin tahunan Operasi Zebra yang digelar oleh Satuan Lalu Lintas Polres Kebumen,  Jawa Tengah selama bulan November kemarin.
Belasan pelanggar lalu lintas yang terjaring razia malah diikutkan dalam kegiatan  sebuah  program  yang dinamakan KUPAS.  Yaitu Kultum untuk pelanggar lalu lintas dengan bekerja sama  dengan Kemenag Kebumen.  Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Yakni dengan mengumpulkan Pelanggar  lallu lintas (lalin) di lokasi razia kemudian diberi ceramah  oleh Pak Kyai.

Kebumen yang berslogan Kebumen Beriman dengan mayoritas muslim maka dengan pendekatan agama melalui tokoh ulama setempat diharapkan bisa mengetuk kesadaran pelanggar lalin di Kebumen. Untuk menyadari pentingnya tertib dalam berkendaraan karena merupakan  bagian dari ibadah karena menimbulkan kenyamanan dan keselamatan bagi sesama.
Dan masyarakat merespon sangat positif adanya program KUPAS tersebut.

Kasat Lantas AKP Suryo Wibowo, S.I.K menyampaikan bahwa anggota Satlantas Polres  Kebumen wajib senyum kepada pengendara yang akan diperiksa surat- suratnya agar masyarakat simpatik dan tidak takut serta dapat memberikan kesan yang senang terhadap petugas.
Dan sebagai  'Latihan Senyum'  maka
setiap apel pagi,  Kasat Lantas mewajibkan anggota  untuk olahraga senyum, sebelum turun ke jalan untuk mengatur lalu lintas pagi dijalan dan  melaksanakan operasi razia di jalan. Diharapkan dengan cara melatih senyum setiap hari maka anggota menjadi terbiasa senyum dalam melayani masyarakat dan tidak pada  saat razia saja namun juga dalam kesehariannya.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres  Kebumen bahwa Operasi Zebra Candi 2017 telah berhasil menurunkan secara signifikan dibanding tahun 2016 lalu. Yakni pada tahun 2016 dengan kejadian;  Laka 9, MD (Meninggal Dunia) 3,  LB (Luka Berat)1,  LR (Luka Ringan) 19  kejadian. Sedangkan pada tahun 2017 ini, dengan kejadian ; Laka 5 (turun 44,4% dari tahun lalu),  MD 2 (turun 33,3),  LB 0 (turun 100%), dan LR 6 (turun  68,4% dari tahun lalu). (Setiawan).

No comments:

Post a Comment