Ketua DPRD Muna Minta Dukung RUU Penghapusan Kekerasan Seksual - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 December 2017

Ketua DPRD Muna Minta Dukung RUU Penghapusan Kekerasan Seksual



RAHA, suarakpk.com - Fenomena hari ini yang kerab terjadi adalah kekerasan dalam rumah tangga.  Kekerasan terhadap perempuan merupakan satu persoalan dimana semua pihak harus mengatakan tidak, sebab dari berbagai pandangan tentunya melanggar.

Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini saat menghadiri peringatan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) yang digelar Yayasan Lambu Ina pada 10 Desember 2017 kemarin sangat berharap agar publik RUU pernghapus kekerasan seksual.

“Jika melihat dari berbagai pandangan, wanita itu ditinggikan derajatnya dan dimuliakan sehingga jika ada perilaku yang mengarah pada kekerasan, pelecehan ataupun seks yang tidak wajar, secara pribadi ataupun institusi Negara harus menindak tegas dan mengatakan tidak. Karena Negara pada intinya melindungi segenap warganya,” jelasnya.

Kata dia, dalam merespon penanganan kekerasan terhadap perempuan, diirinya selaku ketua DPRD Muna menginisiatif Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang saat ini tahapannya sampai pada tingkat konsultasi publik. Setelah Legal Drafting dibuat oleh akademisi Universitas Halu Oleo yang sudah di lokakaryakan. Selanjutnya, meminta masukan kepihak terkait dan akan diserahkan ke DPRD Muna kemudian hasilnya akan ditindaklanjuti.

“Yayasan Lambu Ina akan meneruskan ke DPR RI, sehingga bisa menjadi pertimbangan bahwa pentingnya RUU PKS bagi elemen bangsa. Saya mendukung RUU PKS untuk disahkan dan Raperda tentang penyelengaraan perlindungan untuk korban kekerasan perempuan dan anak harus segera diselesaikan setelah tahapan penyusunan draftingnya selesai,” jelasnya.

Kata Mukmin Naini yang juga ketua dewan Pembina yayasan Lambu Ina Berharap kesadaran publik untuk bersama mendukung pengesahan RUU PKS. Sebab kejahatan kekerasan seksual bisa saja terjadi dimanapun dan kapanpun serta tidak mengenal kalangan dan usia yang setiap saat mengintai orang disekitaran kita.

“Apa yang dilakukan yayasan lambu ina ini positif dan sangat baik dari segi isu dan subtansi. Yakin ini untuk kebaikan masyarakat muna sebab saya juga terus mengikuti perkembangannnya,”pungkasnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment