Jelang Natal dan Tahun Baru , Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

16 Desember 2017

Jelang Natal dan Tahun Baru , Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil



SEMARANG,suarakpk.com -Pemerintah Pusat akan terus berkoordinasi dengan seluruh kantor Dinas yang membidangi perdagangan di daerah untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok. Hal ini  disampaikan oleh  Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi  Kementrian Perdagangan  Bachrul Chairil saat menghadiri  Rapat Koordinasi Kesiapan Bahan Pokok Menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Jum’at (15/12/2017).
Bachrul mengatakan pasokan dan harga kebutuhan pokok di Jawa Tengah dinilai masih cukup stabil sehingga tidak ada lonjakan harga menghadapi Natal dan Tahun Baru 2018. “Kementerian Perdagangan terus berkomitmen menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN),sehingga menjamin masyarakat  bisa merayakannya dengan khidmat dan tenang.”ujarnya
Berdasarkan hasil pantauan, menunjukkan harga-harga bahan pokok di Provinsi Jateng terkendali dan pasokannya cukup untuk menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
Menurut Bachrul  meski kondisi harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, pemerintah tetap perlu menempuh tiga langkah antisipatif untuk menghadapi momen ini. Langkah-langkah tersebut adalah mengidentifikasi ketersediaan pasokan dan memantau harga di masing-masing daerah; mengidentifikasi kesiapan instansi dan pelaku usaha untuk menghindari kekurangan stok; serta pengawasan barang beredar agar masyarakat terhindar dari barang yang tidak aman dikonsumsi atau digunakan.
Berdasarkan hasil pemantauan per 14 Desember 2017, harga bahan pokok di Kota Semarang relatif stabil dan terkendali. Harga-harga yang terpantau stabil adalah beras Rp10.500 per kilogram, gula Rp12.000 per kg, minyak goreng curah Rp 11.000 per liter, daging sapi Rp100.000 per kg, daging ayam Rp31.000 per kg, telur ayam Rp25.000 per kg, cabai merah Rp 30.000 per kg, cabai rawit merah Rp 20.000 per kg, bawang merah Rp18.000 per kg, dan bawang putih Rp22.000.
Turut hadir dalam Rakor tersebut Kapolda Provinsi Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono; Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono; dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Arif Sambodo. (Amir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)