Januari Ferry Tondasi Beroperasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 December 2017

Januari Ferry Tondasi Beroperasi


MUNA BARAT , suarakpk.com - Bupati Muna Barat (Mubar) LM Rajiun Tumada terus membangun infrastruktur di daerahnya. Satu persatu mulai dibenahi. Selain Bandara Sugimanuru Laworo, kini akses transporrasi laut kembali digenjot.

Mulai dari pelabuhan  kapal cepat di Latawe yang saat ini pembangunan penambahan jembatan sudah dikerjakan dan persiapan beroperasi kembali penyeberangan ferry Bira Bulukomba Tondasi. Dan ini tahun 2018 sudah akan digunakan kembali.

"Tondasi kita akan operasikan setelah pelabuhan bira bulukumba itu selesai.  Di Mubar pelabuhan tondasinya sudah selesai. Kemudian jalan negara yang menghubungkan Tondasi sudah selesai dikerjakan pengaspalannya dengan menggunakan hotmix seluruhnya,"jelas LM Rajiun.

Pasangan Achmad Lamani ini menilai bahwa setelah beroperasi tiga akses terpenting di Mubar, itu akan berdampak positif buat perkembangan kehidupan masyarakat. Bukan hanya masyarakat Mubar tapi juga di Muna dan Buton Tengah.

" Dan ini akan menguntungkan dari sisi ekonoml bukan hanya Mubar tapi juga Muna dan Buton Tengah. Ini yang diuntungkan adalah rakyat,"jelasnya.

Soal Tondasi, sambung LM Rajiun berdasakan hasil pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat di Jakarta pekan lalu menghasilkan pembicaraan langsung dengan Perum ASDP wilayah Bulukumba/Selayar untuk mengaktifkan kembali ferry Bira-Sikeli-Tondasi.

"Sedangkan untuk jalur baru yakni Torobulu - Tondasi, itu sementara dalam tahapan pembicaraan . Dan ini juga akan dikomunikasikan juga denga pihak ASDP Bau bau soal ketersedianya ferry . Dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,"kata asisten dua Takari Abdullah

Kata Takari soal anggaran Pemkab akan menyiapkan anggaran cadangan tahun 2018 untuk siap siap jika pada tahap awal pada kedua jalur tersebut memerlukan subsidi. " Yang pasti bahwa tahun depan itu sudah banyak perubahan,"pungkasnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment