Dinas Koperasi Klaim Pertumbuhan UKM Terus Meningkat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


15 December 2017

Dinas Koperasi Klaim Pertumbuhan UKM Terus Meningkat

Kadis Koperasi Muna Barat Burhanuddin.

MUNA BARAT , suarakpk -  Kepala Dinas Koperas dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) Burhanuddin, SSos MSi mengatakan jika pertumbuhan Usaha Kecil Menengah di Muna Barat saat ini terus mengalami peningkatan.

"UKM kita yang ada dalam daftar ada 1.200 itu yang sudah tercatat hanya memang ada beberapa Kecamatan yang belum dicatat lebih detail lagi," ungkapnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya,

Dia menilai tingkat pertumbuhan UKM di Mubar sejak Januari 2017 hingga September diperkirakan meningkat hingga 50 persen. Hal ini terjadi selain karena dorongan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Mubar LM Rajiun Tumada agar masyarakat bisa mengembangkan usaha-usaha kecil, beroperasinya Badar Udara (Bandara) Sugimanuri juga sangat berpengaruh dalam pertumbuhan UKM di Mubar khususnya diwilayah Kusambi.

Namun besarnya pertumbuhan UKM ini kata dia tidak dibarengi dengan pengurusam izin usaha. Meski banyak usaha yang sudah memiliki izin, namun dia juga mengakui masih banyak UKM yang belum memiliki izin. Olehnya itu dia berharap para pemilik usaha bisa melakukan pengurusan izin usaha agar kedepan bisa mempermudah mereka dalam melakukan pengurusan permodalan, baik itu permodalan dari Bank melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun permodalah bantuan stimulus dari Pemerintah Daerah baik beraumber dari APBD maupun APBN.

"Jika tidak ada izin usaha maka untuk mendapatkan bantuan itu sangat sulit. Baik itu peminjaman modal melalui KUR maupun bantuan stimulus dari pemerintah akan sulit mereka dapatkan," ungkapnya.

Lebih lanjut dia berharap masyarakat pemilik usaha makro, kecil dan menengah agar ke Dinas Koperasi agar dapat dibantu dalam hal pengurusan izin usaha.

"Karena kadang masyarakat tidak tau alur pembuatan izin usaha, maka saya berharap agar datang disini supaya kami bantu. Kami terbuka untuk itu meski pengurusan izin UKM dilakukan di Kecamatan tetapi tembusanya juga dilakukan di Dinas Koperasi," tutupnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment