Bhakti Sosial PIA DPR RI Resmikan Pondok Baca Di Salatiga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


09 December 2017

Bhakti Sosial PIA DPR RI Resmikan Pondok Baca Di Salatiga


SALATIGA, suarakpk.com - Peringati hari Anti Korupsi Sedunia,Persatuan Istri Anggota DPR RI (PIA) hari ini, sabtu (9/12) mengadakan Bhakti Sosial di Dukuh Warak, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah, dengan meresmikan Pondok Baca Masyarakat. Kegiatan bhakti sosial oleh PIA dengan pembukaan pondok baca masyarakat sebagai wujud kepedulian para istri anggota wakil rakyat sebagai langkah nyata berkontribusi mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Seperti diungkapkan Anggota Komisi X, DPR RI, Drs.H.A.Mujib Rohmat,M.H, bahwa Peresmian pondok baca merupakan wujud bhakti sosial PIA DPR RI di salatiga yang terkenal dengan sebutan kota pelajar.
"Disini bentuknya pondok baca tujuan untuk tingkatkan literasi baca yang masih rendah dan Indonesia SDA sangat luar biasa bila tidak diimbangi dengan peningkatan SDM dikuatirkan SDA akan tergerus habis dan kita akan ketinggalan dengan negara - negara lain. Bandingkan dengan negara lain seperti Jepang, korea  walaupun SDA nya minim namun SDM nya berkualitas maka tingkat kesejahteraan, teknologi dan kemajuan ilmu-ilmu sangat tinggi sekali." kata Mujib saat ditemui suarakpk.com di sela sela kegiatan peresmian pondok baca tadi siang, sabtu (9/12).

Menurutnya salah satu cara untuk mengimbangi mereka, perlu ditingkatkan, tingkat kompetitif sehingga bisa berkompetisi dengan negara - negara lain.
"Pilihan berlokasi di Salatiga khususnya di Dukuh diharapkan dari dukuh tersebut lahirlah kesadaran tingkat baca. dimana di daerah Kota Salatiga merupakan lahan yabf cukup subur untuk penanaman pohon, buah-buahan produktif, lingkungan ASRI, dan buku lain." jelas Mujib.
Lebih lanjut, Mujib menjelaskan bahwa PAI ini terdiri dari berbagai fraksi-fraksi yang ada di DPR RI.
"Cara memujudkan Indonesia berliterasi yaitu dengan cara meningkatkan perpustakaan seperti perpustakaan keliling dengan mobil yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi kekinian sehingga berfungsi tak jauh beda dengan perpustakaan gedung/pasif." tuturnya.
Mujib berharap bisa terwujud pula senuah budaya wisata perpustakaan dihari-hari tertentu membaca dengan jemput bola, lomba baca cepat, iktisar cepat.

"Salatiga sudah ada E-perpustakaan,
semua perpustakaan mendaftarkan katalognya dan terjalin antara perpustakaan satu dengan yang lainnya.
Wajar 9 tahun Salatiga 1 diantara 4 daerah yang sudah Wajar 9 tahun di Jateng." pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Salatiga, H.Sutrino Supritoro,SE menyambut baik dan rasa terimakasih kepada Pengurus PIA yang telah memilih Kota Salatiga untuk mendukung terwujudkan sebagai Kota Literasi.
"saya sebagai warga kota salatiga sangat bangga dan terimakasih dengan peresmian pondok baca di kota tercinta ini, sehingga program mewujudkan kota literasi semakin terasa menyentuh hingga kepada masyarakat bawah." kata Sutrisno.

Sementara, Walikota Salatiga yang diwakili oleh Asisten II Setda Kota Salatiga, Daryadi,SH, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kepedulian PIA dalam mencerdaskan warga masyarakat kota salatiga melalui peresmian pondok baca tersebut.
"kami sebagai pemerintah kota salatiga sangat mengapresiasi kepedulian PIA dalam membantu mencerdaskan warga masyarakat Kota Salatiga melalui pendirian Pondok Baca ini, semoga ke depan bisa dimanfaatkan oleh warga di Kota Salatiga, khususnya warga warak kelurahan dukuh, kecamatan Sidomukti." tutur daryadi.

Persemian pondok baca juga dihadiri oleh Camat Sidomukti dan ratusan warga Kota Salatiga, dengan dihibur oleh Drum Black, serta hiburan musik pemuda pemudi warak. (IR.01/RED)


No comments:

Post a Comment