Anggota dan ASN Polri Ikuti Pelatihan Safety Riding - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


09 December 2017

Anggota dan ASN Polri Ikuti Pelatihan Safety Riding

Cilacap, suarakpk.com - Guna meningkatkan disiplin, ketertiban, dan menekan angka kecelakaan Lalulintas yang melibatkan anggota Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri, Dit Propram Polda Jateng dan Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng menggelar Pelatihan Sefety Riding bagi anggota Polri dan ASN Polri.

Safety Riding adalah cara berkendara yang aman dan nyaman baik bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lain, dan sudah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pelatihan yang diselenggarakan, Rabu (06/12) diikuti 120 peserta dari Kasat Lantas, dan perwakilan anggota Polres jajaran Eks Polwil Banyumas seperti Polres Cilacap, Polres Purbalingga, Polres Banjarnegara serta Polres Banyumas, dan setiap Polres mengirimkan 30 personil Polri dan ASN Polri di tiap fungsi kepolisian di masing-masing Polres.

Dalam arahannya Kasubdit Provos, Dit Propam Polda Jateng, AKBP Yohanes Budi, SH, Sik selaku koordinator Pelatihan saat membuka pelatihan mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan Lalulintas yang melibatkan anggota Polri dan ASN Polri.

"Dari data yang terhimpum sampai Desember 2017 ada sebanyak 86 kasus," katanya.

Untuk itu, imbuhnya perlunya dilaksanakan pelatihan ini diharapkan anggota Polri dan ASN Polri menjadi contoh dan pionir bagi keselamatan berlalulintas baik untuk diri sendiri, keluarga maupun mensosialisasikan kepada masyarakat.

Pelatihan Sefety Riding dilaksanakan dengan pemberian materi diruangan, dengan mengisi gambaran tentang SOP, perundang-undangan tentang kelalulintasan, dan dilanjutkan pelatihan praktek dilapangan baik tentang perawatan, mengendarai, cara pengereman, cara menghindar dan zigzag.

Pelatihan Safety Riding dilatihkan oleh Instruktur Pamin Sat PJR Polda Jateng, Ipda Joko Agus, SH.

Pada kesempatan tersebut peserta pelatihan wajib mengikuti praktek mengendarai sepeda motor dengan jalur rintangan yang telah didesain seperti saat pengurusan SIM (Surat Ijin Mengemudi).

“Pengalaman pelatihan Sefety Riding sangat berguna untuk diterapkan dilapangan dan selanjutnya untuk disosialisasikan kepada anggota Polri dan ASN Polri di Polres Cilacap,” kata salah satu anggota Polres Cilacap peserta pelatihan Iptu Iwan Efendi. (IR.012.RED/Jtg - Humas Polres)

No comments:

Post a Comment