Sebulan Dikerjakan, Pekerjaan Betonisasi Dinas PUPR Batu Bara Sudah Retak - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


19 November 2017

Sebulan Dikerjakan, Pekerjaan Betonisasi Dinas PUPR Batu Bara Sudah Retak

Batu Bara,suarakpk.com – Proyek pekerjaan betonisasi jalan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batu Bara diduga tidak sesuai specifikasi, pasalnya betonisasi yang baru dikerjakan sebulan sudah mengalami banyak keretakan.

Proyek betonisasi yang dikerjakan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan nilai sebesar Rp 1 miliar 353 juta 373 ribu tersebut berada di Kelurahan Pagurawan Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara dengan nama kegiatan Peningkatan ruas Jalan Panglima Muda (depan Polsek) dengan no SPK 02-MD/APBD/SPK/PPK-PML/PUPR-BB/2017, dan Pelaksana CV Cipta Perdana Jaya.

Salah satu pengguna jalan, Boim warga Kelurahan Pagurawan mengatakan proyek dari Dinas PUPR Batu Bara, diduga tidak sesuai dengan gambar (Shop Drawing - red).

“Proyek yang baru sebulan dikerjakan, kondisi rigid sudah pada retak, saya melihat sendiri, dan diduga pekerjaan betonisasi ini tidak sesuai gambar (Shop Drawing - red),” katanya Minggu (19/11/2017) di kedai makan yang dekat dengan proyek tersebut.

Dia menandaskan, proyek yang ada di Kabupaten Batu Bara, khususnya Kecamatan Medang Deras baik dari Dinas PUPR atau Dinas Tarukim maupun proyek Desa, aku tengok satu pun tidak ada yang berkualitas, ada umurnya setahun bahkan ada yang berumur sebulan.

“Contohnya proyek itu, kalau begini habislah uang rakyat dibuat Kontraktor dan Pejabatnya" kata Boim mengeluhkan kualitas Proyek.

Terpisah, Ketua Koordinator DPD LSM P4AN Muhammad Amin menuding Elvandri dan Jonri Sagala biang dari kerusakan proyek. Mereka adalah penanggung jawab dan pembuat kegiatan, namun kurang dalam pengawasan saat proyek dikerjakan.

"Saya kira PPK Elvandri dan PPTK Jonri harus bertanggung jawab pada kerusakan proyek, jangan-jangan mereka berkongkalikong dengan kontraktor," imbuh Amin menduga.

Dalam hal ini, menurutnya ada dugaan praktek kongkalikong antara PPK/PPTK dengan pihak rekanan.

Saat wartawan suarakpk.com mencoba menghubungi phonsel milik PPK, Elvandri dengan nomor 081360037xxx untuk konfirmasi terkait pekerjaan tersebut, phonsel yang dihubungi selalu sibuk.

Pantauan wartawan suarakpk.com dilapangan rigid beton dijalan Panglima Muda Kelurahan Pagurawan Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara terlihat beberapa titik sudah retak. (IR. RED.006/Sumut)

No comments:

Post a Comment