Ribuan Peserta Sepeda Santai dalam Forum Temu Kangen Kebangsaan 2017 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 November 2017

Ribuan Peserta Sepeda Santai dalam Forum Temu Kangen Kebangsaan 2017

Ribuan peserta yang mengikuti sepeda santai.

PURWOREJO, suarakpk.com - Kegiatan forum temu kangen kebangsaan 2017 diramaikan dengan ribuan peserta sepada santai dari berbagai daerah pada Minggu (12/11). Sepeda santai tersebut menyusuri pesona alam Kabupaten Purworejo sepanjang 22 km dengan kostum khasnya kaos merah bercorak putih

Start dari Alun-alun Purworejo, sekitar empat ribuan peserta nampak bersemangat hingga garis finish di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi.

Terlihat dalam barisan tersebut, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi bersama Sekda Sri Puryono beserta sejumlah pejabat Pemprov Jateng dan Pemkab Purworejo. Serta sejumlah legislator baik dari provinsi maupun dari kabupaten Purworejo.

Dibarisan paling depan ada POLRI dan TNI, barisan ini ada, Kapolres Purworejo Akbp Teguh Tri Prasetyo, Waka Polres Purworejo beserta jajaran petinggi Polres Purworejo. Sedangkan dari TNI, hadir Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setyawan S.I.P, Dandim Kodim 0708 Purworejo, Letnan Kolonel Infanteri Aswin Kertawijaya beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Rukmo mengungkapkan, kegiatan tersebut menjadi rangkaian pencanangan Deklarasi Kebangsaan oleh pemangku kepentingan bersama masyarakat. Hal itu mengingat akhir-akhir ini muncul paham radikal yang mampu memicu tindakan bersifat terorisme sehingga mengganggu kestabilan NKRI.

"Dengan deklarasi kebangsaan ini mari kita kembali menggugah semangat dan tekad cinta tanah air," ungkap Rukmo sebelum pengibaran bendera start.
"Tema kebangsaan yang kami (DPRD Jateng) gagas ini sebagai langkah kongkret untuk melawan tindakan tersebut," imbuh Legislator PDI Perjuangan itu.
Peserta mengikuti kegiatan  menikmati pesona alam Purworejo.

Ia juga mengatakan kegiatan Fun Bike dipilih lantaran kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang merakyat. Kegiatan yang mampu untuk memupuk kebersamaan dalam keberagaman. Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan toleransi serta rasa persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
"Kita bersepeda untuk kebersamaan agar saling menghargai satu sama lain dan meningkatkan rasa persaudaraan, persatuan-kesatuan," kata politikus asli Purworejo itu.

Sementara, Sekda Jateng Sri Puryono, yang mewakili Gubernur Ganjar Pranowo, menambahkan, soal kebangsaan saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Mengingat masih terdapat organisasi radikal di sejumlah daerah. Untuk itu, kata dia, harus ada kesadaran bersama dalam upaya memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

"Atas nama pemerintah provinsi, saya menyambut baik diselenggarakannya acara ini. Mari kita junjung tinggi persaudaraan, menjunjung tinggi Pancasila untuk kedamaian bersama," katanya, saat membacakan sambutan gubernur, di Pantai Jatimalang Kabupaten Purworejo.

Seusai membacakan teks Deklarasi Kebangsaan, Rukma Setyabudi bersama Sri Puryono, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jateng, dan Pemkab Purworejo membubuhkan tanda tangan diatas kain lebar. Hal itu sebagai simbol kesepakatan bersama untuk menjunjung sikap kebangsaan. Penandatangan itu juga diikuti oleh ribuan pesepeda dan warga setempat yang hadir di pantai Jatimalang.(Daniel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)