Pemilihan Ketua Pemuda di Gampong Ujong Baroh Patut Diapresiasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


04 November 2017

Pemilihan Ketua Pemuda di Gampong Ujong Baroh Patut Diapresiasi

Suasana pemilihan ketua pemuda yang demokratis


ACEH BARAT, suarakpk.com -  Suasana pencoblosan dan pilihan langsung Ketua Pemuda di Gampong Ujong Baroh, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Jumat (03/11) malam.

Ditengah pola pikir masyarakat yang sebagian masih memandang uang sebagai penentu pilihan, aksi pemuda, Desa Ujong Baroh, Johan Pahlawan ini patut mendapat apresiasi tersendiri. Untuk menutup celah money politik, mereka menggelar pemilihan Ketua Pemuda dengan kemasan mirip Pilkada.

Ya, tak hanya sekadar urusan mencoblos kandidat, arena Pemilihan Ketua Pemuda di Gampong Ujong Baroh itu juga melarang kandidat untuk melakukan praktik curang bernama money politik. Agenda pemilihan yang digelar Minggu (03/11) malam itu dipusatkan di Balai Desa masyarakat setempat.

Sama persis dengan Pilkada, tahapan dimulai dengan penjaringan kandidat yang dilakukan sebulan sebelumnya. Ketua panitia pemilihan, Rico Miswar mengungkapkan, dari penjaringan yang melibatkan seluruh karang taruna, akhirnya mengorbitkan empat nama yakni, Saiful, T. Herizal, Muhammad Nasir dan Safrizal.

Setelah mengerucut empat kandidat, panitia kemudian melakukan pengundian nomor urut. Setelah itu kartu suara pun dibuat lengkap dengan gambar kandidat dan nomor urut persis seperti pada Pilkada.

Pada malam pencoblosan yang dihadiri Kades, Kadus dan perangkat desa tersebut, seluruh pemuda menggunakan hak pilihnya untuk memilih kandidat idamannya. Hasilnya, Muhammad Nasir, AMTE terpilih usai meraih 57 suara, disusul Safrizal dengan 25 suara, T. Herizal 23 suara dan Saiful 11 suara.

“Sengaja kami desain dengan tahapan-tahapan seperti Pilkada sebagai ajang untuk membelajarkan pemuda akan konsep pemilihan pimpinan atau ketua yang demokratis.

Ini juga untuk mengajarkan agar dalam memilih pimpinan jangan hanya melihat uang saja. Itulah mengapa kandidat juga tidak boleh melakukan money politik,” papar Rico Miswar seusai kegiatan.

Menurutnya dengan proses seperti itu, setidaknya bisa mengikis budaya moneypolitik mulai dari tingkatan bawah.

Tak hanya itu, Acara pemilihan tersebut juga sangat didukung para pemuda Ujong Baroh Dedi misalnya, ia mengatakan dengan pemilihan tersebut maka lebih bagus lagi karena bisa lebih demokratis.

"Ini lebih bagus. Ketua dipilih oleh seluruh pemuda secara bebas," ujar Dedi selaku Sekretaris panitia pemilihan.

Sementara Kepala desa, Abdul Manaf yang akrap disapa (Pak Alek)  juga menyampaikan bahwa dirinya berharap menjaga amanahnya untuk mempererat kekompakan antar pemuda- pemuda ujong baroh itu yang sangat di impikan. (Nazar)

1 comment: