Pasar Onan Pagurawan Becek dan Kumuh Dikeluhkan Para Pedagang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


18 November 2017

Pasar Onan Pagurawan Becek dan Kumuh Dikeluhkan Para Pedagang

Kondisi pasar di salah satu sudut yang becek di waktu musim penghujan.

BATU BARA, suarakpk.com - Kondisi pasar yang bersih dan tertata merupakan salah satu daya tarik bagi para pembeli dalam berbelanja. Dengan kondisi tersebut, pembeli merasa nyaman dan tidak risih. Namun hal tersebut tidak dijumpai di Pasar Onan Pagurawan yang terletak dijalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara terkesan kumuh dan becek. Akibatnya para pedagang yang ada di dalam pasar kehilangan pelanggan disebabkan para pembeli enggan masuk kedalam pasar tersebut.

Fadli (31) pedagang ayam potong mengharapkan kepada Pemerintah supaya dapat memperhatikan nasib para pedagang.
Menurutnya selama berdagang dirinya terlalu banyak mengeluarkan dana antara lain untuk jaga malam Rp 200.000, 00 Kebersihan Rp 60.000,00  pajak jualan Rp 60.000, 00 untuk pembuangan limbah Rp 50.000. Walaupun begitu mereka rela mengeluarkan uang tersebut asalkan keamanan dan kebersihan tempat mereka berjualan dapat terjaga.
"Saya harus mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah untuk membayar yang disebutkan namun uang yang saya keluarkan nampaknya sia-sia karena tidak ada kebersihan dan juga keamanan," ungkap Fadli.

Rujoh (42) pedagang ikan juga mengeluhkan ditempatnya berjualan tidak ada saluran pembuangan sehingga limbah air ikan milik mereka tergenang. "Kami harapkan adanya saluran pembuangan supaya air limbah dapat terbuang, jika tidak para pembeli enggan masuk karena becek," harapnya.

Selain tidak adanya saluran pembuangan, para pedagang juga mengharapkan adanya sarana air bersih "Tempat kami ini tidak ada air bersih, bagaimana kami mau menjaga kesehatan kalau air bersih tidak ada ?" tanya Rujoh sembari bertanya.

Senada, Sofyan (35) pedagang bumbu mengeluhkan jalan pasar onan tersebut kumuh dan becek.
Selain itu ia juga mengharapkan kepada pihak bank supaya dapat memberikan pinjaman kepada pedagang, karena menurutnya selama ini para pedagang harus meminjam kepada rentenir yang bunganya sangat mencekik leher. "Kami, para pedagang sangat mengeluhkan karena pasar ini kumuh dan becek, selain itu kami juga berharap agar pihak bank dapat memberikan pinjaman, jika tidak untung para pedagang habis untuk membayar bunga hutang kepada rentenir," kata Sofyan mengakhiri.

Pantauan Suarakpk.com Pasar Onan Pagurawan memang terkesan kumuh dan becek. Untuk mengatasi persoalan yang dihadapi para pedagang diharapkan kepada pemerintah dan aparat supaya dapat menyelesaikan persoalan para pedagang. (Red.006)

No comments:

Post a Comment