Koq Bisa, Terpilih Jadi Kades, Pria Ini Diarak Keliling Kampung - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


02 November 2017

Koq Bisa, Terpilih Jadi Kades, Pria Ini Diarak Keliling Kampung


PURWOREJO, suarakpk.com - Setelah Menang di Pertarungan Pilkades Karangtalun, Untung Diarak Keliling Kampung oleh warga, Seperti yang telah diprediksikan sejak awal, Untung Setiyanto SE, melenggang mulus dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Karangtalun, Kecamatan Ngombol. Pasalnya Untung yang yang maju dua periode ini lawan satu-satunya hanyalah Yuanita, yang tidak lain adalah istrinya sendiri.

Diketahui, jika pada periode pertama hanya Untung satu-satunya calon. Kali ini saat Pilkades serentak pada Senin (30/10) yang mengharuskan minimal dua calon untuk maju, akhirnya sang istri, Yuanita maju sebagai calon untuk melawan Untung.

Dari sebanyak 312 pemilih yang menyalurkan hak suaranya, Untung mendapatkan 272 suara, sedangkan Yuania 20 suara. dan Suara tidak sah sebanyak 20 suara. Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Desa Karangtalun ada 370 orang, terdapat 58 orang yang tidak menyalurkan hak suaranya.

Pada Saat dimintai konfirmasi, ayah Untung, Slamet Riyanto, yang juga Mantan Kades Karangtalun dan Mantan Anggota DPRD Kabupaten Purworejo ini mengungkapkan, pihaknya memang sengaja memasang Yuanita karena pada waktu yang telah ditentukan tidak ada orang lain yang mendaftar. Hal itu dilakukan sekaligus untuk memenuhi syarat minimal dua orang pendaftar calon Kades.

“Proses Pilkades di sini sangat fair, karena jauh-jauh hari, kami menyampaikan kepada seluruh masyarakar Desa Karangtalun, siapapun yang potensial silahkan mendaftar,” kata Slamet Riyanto.

Namun, pendaftaran calon Kades Karangtalun yang dibuka sejak 31 Agustus itu ternyata hanya terdapat satu calon yakni Untung. Melihat gelagat masyarakat tidak ada yang mendaftar lagi, Yuanita lantas didaftarkan ke panitia Pilkades Karangtalun. Hingga akhir pandaftaran yang ditutup pada tanggal 12 Oktober tersebut hanya terdapat pasangan suami istri itu.

“Agar tidak kosong dan gagal, akhirnya kita sertakan istrinya. Kami tidak pernah mengarahkan masyarakat untuk tidak maju dan memilih anak saya, semua sesuai jalannya,” ujar Slamet.

Usai penghitungan suara, Untung yang mengenakan pakaian adat Jawa ala jogja itu lantas diarak menggunakan gerobak keliling Desa. Keriuhan menggeliat ketika untung diarak keliling Desa. Warga yang telah mempercayakan kepemimpinan kepada Untung turut mengucapkan selamat kepada kades terpilih di sepanjang jalan.

Sampai di rumahnya, Untung langsung disambut para pendukung dan tamu, antara lain Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Yopie Prabowo serta beberapa perangkat Desa setempat.

Sementara sala satu warga Ibu Ning (45) menjelaskan. “Saya sangat senang Pak Untung terpilih lagi mas. Karena sudah terbukti kepimpinannya dimasa sebelumnya. harapan saya kepada Pak Untung, semoga sehat selalu dan ditingkatkan lagi pelayanannya terhadap masyarakat sini.” jelas Ibu Ning.(Daniel)

No comments:

Post a Comment