Wakil Wali Kota Salatiga : Jadikan Agama Sebagai Alat Pemersatu Bangsa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 October 2017

Wakil Wali Kota Salatiga : Jadikan Agama Sebagai Alat Pemersatu Bangsa



SALATIGA, suarakpk.com  – Nampak ada yang berbeda di Aula Gereja Katholik ‘Kristus Raja Semesta Alam’, yang terletak di Jalan Sumatera, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, terlihat ratusan orang dari berbagai agama yang berada di Kota Salatiga serius mengikuti “Sarasehan Lintas Agama” yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Salatiga, Rabu (25/10). Selain ratusan umat beragama, juga terlihat KH Noor Rofiq, Pendeta Daniel Herry Iswanto, Romo Agustinus Parso Subroto, Romo Wiko Satya Dharma, Go Soe Hiendari, serta Hoo Tjin Oen.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Salatiga H Muh Haris.
Pantauan di lapangan, dalam sambutannya, Haris mengingkatkan agar masyarakat mampu memahami makna agama yang menjadi alat pemersatu kehidupan berbangsa dan bernegara, dan melalui kegiatan tersebut haris juga berharap masyarakat bisa bersinergi dalam membangun Kota Salatiga.
“Agama itu harus dapat atau bisa dipahami bersama, karena merupakan alat pemersatu. Maka, agama, negara, serta masyarakat harus bersinergi dalam membangun Kota Salatiga ‘Hati Beriman’ ini. Selain itu, dapat menjadikan agama sebagai alat dalam memberikan spirit membangun Salatiga,” kata H Muh Haris.
Lebih lanjut, Haris menegaskan, bahwa masyarakat harus dapat mengembangkan tiga pilar toleransi, yaitu toleransi internal umat agama, antar umat beragama, dan antara umat beragama dengan pemerintah. Ini harus dipahami seluruh lapisan masyarakat.
Sementara, Ketua FKUB Kota Salatiga KH Noor Rofiq menyatakan, bahwa siapapun atau manusia itu dapat  menganggap agamanya yang paling benar. Tetapi dalam kehidupan masyarakat harus tetap dan selalu berdampingan.
“siapapun manusia itu dapat mengganggap agamanya paling benar, namun kehidupan masyarakat tetap harus selalu damai, bersatu dan berdampingan bersama.” Kata Rofiq. (IR.04/red)

1 comment:

  1. Patut kita dukung Pak Wawali Salatiga dalam rangka mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonedia.

    ReplyDelete