Puskesmas Patebon 1 Deklarasikan Stop BABS/ODF - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


27 October 2017

Puskesmas Patebon 1 Deklarasikan Stop BABS/ODF


KENDAL, suarakpk.com - Membiasakan hidup sehat dan menjaga lingkungan sangat penting untuk terus disosialisasikan di sebuah negera berkembangan. Sosialisasi untuk berhenti buang air besar disembarang tempat terus digalakkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal. Seperti yang terlihat hari ini, jumat (27/10) di Desa Bangunrejo yang dipelopori oleh Puskesmas Patebon 1, mengadakan "Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS/ODF)".
Deklarasi yang dihadiri oleh jajaran lintas sektoral Kecamatan Patebon diantaranya Kepala Puskesmas Patebon 1, dr.Oki Ino Fatwa Firdhaus, Camat Patebon Drs.Agung Budi Cahyono.
Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Patebon 1, dr.Oki menyampaikan bahwa tujuan dari deklarasi  Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS/ODF) adalah agar masyarakat bangunrejo tidak lagi buang air besar di sembarang tempat dari mulai sekarang dan seterusnya, masyarakat harus mulai mebiasakan diri buang air besar pada tempat yang semestinya.
"Yang terpenting ditekankan adalah pada perubahan perilaku masyarakat supaya sadar untuk menjaga kebersihan diri dan lungkungan, diharapkan pemerintah desa memberikan punishment agar masyarakat jera supaya derajat kesehatan masyarakat di desa meningkat." jelas Oki dalam sambutannya.
Sementara Camat patebon, Drs.Agoeng Budi Cahyono, melalui sambutannya mengenai pilar-pilar kesehatan antara lain stop BABS dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).
"masyarakat juga harus membudayakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) agar selalu terjaga dari bakteri yang menempel di tangan." pesan Agoeng.
Di sisi lain, Kepala Desa Bangunrejo, H.Joemali yang memberikan wejangannya agar warga masyarakat tidak lagi BAB di sembarang tempat misalnya sungai dan kebun serta sawah.
"Pemerintah desa telah menganggarkan dana melalui APBDes untuk memberikan stimulan pembuatan WC RTM." kata Joemali.
Pantauan suarakpk.com, acara deklarasi ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi oleh camat, Kepala Puskesmas Patebon 1, Kepala Desa Bangurejo dan ketua STBM desa.
Terlihat juga perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Kapolsek Patebon, danramil serta perwakilan dari elemen masyarakat Desa Bangunrejo. (IR.09/Red/Jtg)

No comments:

Post a Comment