Pertamina Lakukan Operasi Pasar yang Menikmati Pemilik Pangkalan dan Pedagang Eceran - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 October 2017

Pertamina Lakukan Operasi Pasar yang Menikmati Pemilik Pangkalan dan Pedagang Eceran

BATU BARA, Suarakpk.com - Untuk mengantisipasi kelangkaan dan menekan kenaikan harga gas kemasyarakat, pihak Pertamina melalui agen penyalur melakukan Operasi Pasar berupa gas berukuran 3 kg.

Namun sangat disayangkan operasi pasar yang dilakukan melalui PT. Gas Mustika Indra tanpa ada pemberitahuan kepada Pemerintah setempat dan diduga tidak tepat sasaran.

Soalnya pada penyaluran gas di kelurahan Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Batu Bara, Rabu (11/10) yang menerima manfaat dari operasi pasar kebanyakan dari pemilik pangkalan dan juga pedagang eceran.

Menurut Heri yang ditugaskan sebagai tim pantau penyaluran dari perusahaan tersebut mengatakan sebanyak 560 tabung disalurkan kepada masyarakat dengan harga Rp. 1600, 00 dengan 3 tabung untuk satu kepala keluarga
"Kami dari pihak perusahaan diperintahkan Pertamina untuk melakukan operasi pasar di kelurahan Pangkalan Dodek dengan harga Rp. 1.600, 00 dan disalurkan sebanyak 3 tabung gas untuk setiap Kepala Keluarga," kata Heri.

Masih dari pihak PT Gas Mustika Indra bernama Yuni terkesan marah disaat awak media mempertanyakan apakah sudah ada pemberitahuan kepada pihak Kelurahan tentang operasi yang dilakukan, "Kenapa pak, apa ada masalah? Kami lakukan ini untuk kepentingan masyarakat dan ini sudah kami beritahukan kepihak kelurahan dan saya hanya pekerja dan setelah bekerja saya dapat gaji, jadi apakah salah," kata Yuni dengan wajah cemberut.

Masih di lokasi penyaluran seorang warga bernama Efendi Simanjuntak merasa kecewa karena menurutnya selain warga, PT. Gas Mustika Indra juga menjual kepada pemilik Pangkalan," katanya untuk masyarakat. "Tapi ada juganya yang dijual kepada yang punya pangkalan, kulihat tadi sampai 5 kali diambilnya dengan sekali bawa 5 tabung berarti 25 tabung untuknya sendiri (pemilik pangkalan-red)." ujarnya kesal.

Pada hari yang sama, Lurah Pangkalan Dodek Muhammad Yusuf, S.H saat dihubungi melalui seluler membantah adanya pemberitahuan adanya operasi pasar yang dilakukan pihak Pertamina.

Beliau berharap kedepannya supaya Pertamina dapat bekerjasama dengan pemerintah.

"Tidak ada yang memberitahu, memang ada saya lihat tadi, tapi saya tidak tahu, yang saya tau semalam ada di pangkalan Dodek Baru," tukas Lurah.

Pantauan Suarakpk, operasi pasar yang dilakukan Pertamina melalui PT. Gas Mustika Indra pada saat itu selain kepada masyarakat, gas tersebut juga dijual kepada pemilik pangkalan dan juga kepada pedagang eceran.

Sebelumnya, Pertamina juga  melakukan operasi pasar melalui PT. Gas Elpiji Istana Laras di kelurahan Pangkalan Dodek Baru, Kecamatan Medang Deras Batu Bara, Selasa (10/10).

Menurut Sucipto Siregar Direktur PT. Gas Elpiji Istana Laras di lokasi mengatakan pihaknya ditunjuk oleh Pertamina untuk melakukan operasi pasar di kelurahan yang disebutkan sebanyak 560 tabung dengan harga Rp 1.600. (HRS)

No comments:

Post a Comment