Pengajian Akbar Sekaligus Peresmian Revitalisasi Makam Sunan Pojok - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

19 Oktober 2017

Pengajian Akbar Sekaligus Peresmian Revitalisasi Makam Sunan Pojok


Blora, suarakpk.com - Ribuan warga Blora datangi Makam Syekh Abdurrohim (Sunan Pojok) kelurahan Kauman, Kecamatan/Kabupaten Blora. Kedatangan warga dari berbagai penjuru ini untuk mengikuti pengajian akbar  Khaul Sunan Pojok. Selain itu, juga untuk mendengarkan ceramah pengajian akbar dengan tausyiah oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo. Selasa (17/10/17) malam.

Acara pengajian akbar  Khaul Sunan Pojok ini juga dihadiri Bupati Blora Joko Nugroho, Dandim 0721 Blora Letkol inf. Susilo, S.Sos, Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H, jajaran Furkopimda dan Forkompimcam Blora, tokoh agama dan ribuan jamah.

"Jamaah  yang mengikuti pengajian akbar ini tidak hanya warga Blora yang hadir. Mereka ini juga banyak yang datang dari berbagai daerah luar Kabupaten Blora. maka dari itu pengamanan ekstra perlu dilaksanakan,” ujar Kapolsek Blora Kota AKP Sudarnp, S.H.

Di sisi lain, menyemutnya  jamaah yang mengikuti pengajian akbar ini, Sat Lantas Polres Blora juga melaksanakan pengaturan lalu lintas untuk mengurai kepadatan arus dengan membuat rekayasa lalu lintas pengalihan jalan.

Peresmian kompleks Makam Sunan Pojok  digelar bersamaan dengan puncak perayaan Haul Sunan Pojok. Kompleks Makam Sunan Pojok dulunya dikenal dengan nama Makam Gedong Ageng merupakan salah satu cagar budaya Blora, terletak di Jalan Mr. Iskandar 1/1 Kota Blora.

Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati H. Djoko Nugroho dengan penandatanganan prasasti, bersamaan dengan pengajian akbar dalam rangka Haul Sunan Pojok. Sehingga momentumnya pas, bisa disaksikan oleh ribuan jamaah.

Proyek penataan kawasan wisata sejarah dan wisata religi, Makam Sunan Pojok  Blora yang dilaksanakan oleh Dinporabudpar (Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Priwisata) sudah siap untuk diresmikan.

Penataan kawasan Makam Sunan Pojok ini didanai dari APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp 833 Juta yang dikerjakan oleh rekanan CV. Lumintu Jaya sejak awal Juni lalu.

Sejumlah titik yang dilakukan penataan ulang antara lain, pembangunan joglo utama untuk para peziarah, pembangunan gapura utama makam, pagar, penataan tempat wudhu dan penambahan beberapa ornamen hiasan dan penataan lampu penerangan.

Untuk diketahui, Peringatan Haul Sunan Pojok Blora digelar mulai hari Senin (16/10) dengan agenda Khotmil Qur’an Bin Nadhor dan Buka Kelambu Makam. Hari Selasa (17/10) mulai pukul 06.00 WIB digelar Khotmil Qur’an Bil Ghoib.

Selasa (17/10) pukul 13.30 WIB digelar Tahlil Umum dan Tausyiah oleh KH Abdul Wahid dari Tayu – Pati, dan puncak haul digelar pukul 20.00 WIB dengan agenda Pengajian Akbar dengan tausyiah oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo. Sesaat sebelum tausyiah, dilaksanakan peresmian kompleks Makam Sunan Pojok oleh Bupati Blora. (edycom) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)