Penanaman Disiplin Dimulai Sejak Dini dari Kodim 0707/WSB - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 October 2017

Penanaman Disiplin Dimulai Sejak Dini dari Kodim 0707/WSB


WONOSOBO, suarakpk.com - Penanaman disiplin pada anak–anak harus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, dengan berperilaku disiplin ini akan membawa dampak yang sangat positif terhadap kita semua. Demikian amanat Inspektur Upacara  Pelda Khaeron dalam upacara bendera di SD Negeri Kalianget Wonosobo (16/10).
 Lebih lanjut, Pelda Khaeron menyampaikan bahwa disiplin itu harus dimulai dari diri sendiri seperti mengikuti upacara bendera tepat waktu, disiplin melaksanakan sholat, tidak membuang sampah sembarangan dan yang tidak kalah pentingnya adalah  taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan patuh terhadap nasehat guru dan orang tua serta rajin belajar.
 Kegiatan upacara merupakan salah satu penerapan proses pembelajaran pembiasaan, yaitu “Pembiasaan Program”. Banyak makna dan manfaat yang dapat di petik dari kegiatan upacara bendera yang berkaitan dengan pembiasaan antara lain pembiasaan disiplin, pembiasaan patriotisme dan pembiasaan kerjasama.

Usai pelaksanaan upacara bendera, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi setempat, dengan materi dasar NKRI dan Pancasila. Pentingnya pemberian materi wawasan kebangsaan di lingkungan sekolah karena diusia remaja dimana mereka sedang mencari jati diri jangan sampai terisi dengan hal-hal yang negatif yang dapat merusak masa depan mereka yang berarti juga masa depan bangsa. Disamping itu diharapkan para pelajar tidak mudah melupakan sejarah di mana para pejuang atau leluhur kita telah bersusah payah mengorbankan harta, jiwa dan raganya untuk kemerdekan Bangsa Indonesia. Sebagai Inspektur Upacara  Pelda Khoeron  memberikan motivasi kepada para murid agar rajin belajar dan tetap semangat untuk meraih cita-cita, “Hindari tawuran antar pelajar, jauhi minuman keras dan narkoba yang sekarang ini sudah sangat menghawatirkan dan jelas dapat merusak generasi bangsa,” ujarnya.
Kegiatan anggota Kodim 0707/Wonosobo menjadi inspektur upacara di sekolah – sekolah ini atas perintah Komandan Kodim Letkol Czi Dwi Hariyono. Dengan harapan hubungan TNI dengan masyarakat disemua elemen terjalin komunikasi dengan baik mulai dari anak – anak sampai orang tua. Dari pejabat sampai dengan rakyat sesuai semboyan yaitu “Bersama rakyat TNI Kuat”. 

Sementara, Kepala Sekolah, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi TNI karena mau turun langsung secara bersama-sama. “Kami sangat bangga dimana dengan hadirnya Bapak-bapak dari TNI dalam kegiatan ini. Harapan kami, hal yang positif ini dapat ditingkatkan agar pelaksanaan kegiatan upacara di sekolah kami dapat berjalan lebih khidmat dan baik serta bisa memberikan motivasi dan semangat baru kepada murid-murid  kami,” tuturnya. (Edi)

No comments:

Post a Comment