Komite SMPN 1 Atap Parongil Jehe Terbentuk Mengacu PP No. 75 Tahun 2016 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


19 October 2017

Komite SMPN 1 Atap Parongil Jehe Terbentuk Mengacu PP No. 75 Tahun 2016


PAKPAK BHARAT, suarakpk.com - Demi terselenggaranya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang komite sekolah, setelah Dinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat membuat surat edaran kepada sekolah-sekolah yang ada di Pakpak Bharat, agar setiap sekolah melakukan pemilihan Komite mengacu PP No,75 selaku peraturan yang baru di keluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal, 30 Desember 2016.

Menindak lanjuti surat edaran Kadis Pendidikan Pakpak Bharat, pihak SMP Negeri 1 Satu Atap Tinada Parongil Jehe Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat Sumut, Kamis (19/10) dengan kerja sama pihak wali/orang tua murid menyelenggarakan pemilihan pengurus komite sekolah tersebut dan hasilnya terbentuk sesuai dengan PP No,75 Tahun 2016. Sesuai dengan Pasal 4 ayat 3 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016, Anggota komite sekolah tidak dapat berasal dari unsur, a. Pendidikan dan tenaga kependidikan dari Sekolah yang bersangkutan, b. Penyelenggara sekolah yang bersangkuta, c. Pemerintah Desa, d. Forum koordinasi pimpinan kecamatan, e. Forum koordinasi pimpinan daerah, f. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; dan/atau, g. Pejabat pemerintah / pemerintah daerah yang membidangi pendidikan. Sedangkan Pasal 5, Bupati/Walikota, Camat, Lurah/Kepala Desa di ubah dahulunya sebatas mengetahui, saat ini sudah menjadi pembina seluruh komite. Pasal 6, ayat (4) Ketua Komite Sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diutamakan berasal dari unsur orangtua/wali siswa aktif. ayat (5), sekolah yang memiliki siswa kurang dari 200 orang dapat membentuk Komite Sekolah gabungan dengan sekolah lain yang sejenis.ayat (7), Pengurus Komite Sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak boleh merangkap menjadi pengurus pada Komite Sekolah lainnya.

Dalam kata sambutan mewakili orang tua siswa yang disampaikan Edis Padang, menghimbau komite terpilih agar bisa senerjik memajukan sekolah ini, juga agar membuat gagasan lebih baik demi kemajuan SMP NEGRI 1 SATU ATAP TINADA, “ kiranya dengan terpilihnya komite Sekolah ini, kami dari unsur orang tua siswa mengharapkan sekolah ini dapat lebih maju lagi dari tahun-tahun yang lalu,” tandasnya. Selanjutnya sambutan dari unsur para guru, M. Purba,  menghimbau agar Komite yang terpilih menjadi mitra yang baik demi kemajuan sekolah ini” kiranya para komite yang baru terpilih kami harapkan menjadi mempersatu dalam kemajuan sekolah ini,” singkatnya.

Arahan dan saran yang di sampaikan Kepala SMP Negeri 1 Satu Atap Tinada Lince Nurhaida Sijabat, S.PAK, “kami mengucapkan selamat kepada pengurus Komite Sekolah ini secara menyeluruh dan segenap para orang tua/ wali juga Dewan Komite Sekolah maupun para unsur pemerintah Desa. Dengan kesempatan ini kita sudah menyelesaikan tahapan pemilihan pengurus komite sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 75 TA 2016, dengan demikian bahwa komite di sekolah ini sudah memenuhi ketentuan yang berlaku. Dengan harapan komite yang baru saat ini kiranya salah satu menjadi trobosan yang lebih baik mendorong kemajuan sekolah ini demi kedepan sekolah kita ini bisa bersaing dengan sekolah yang ada di NKRI ini kususnya dalam bentuk kemajuannya,” tandasnya. Senada juga dalam arahan Kepala Desa Parongil, Elias Sinamo, agar sekolah ini bisa maju dan trasparan.

Dewan Komite Sekolah Kabupaten Pakpak Bharat Wilson Manik, “dalam kesempatan ini mari kita meningkatkan mutu pendidikan ke lebih baik lagi juga bermertabat. Dimana setelah kabupaten Pakpak Bharat mekar dari kabupaten Dairi 14 tahun yang lalu, ternyata anak kita atau siswa dari daerah ini sudah mencapai lebih dari 1000 orang yang  serjana, harapan kita kedepan melalui pendidikan SMP ini pula bisa lebih terbaik siswa yang telah lulus dari sekolah ini. Dimana hal itu perlu kita tekankan, karena pendidikan adalah salah satu pemutus rantai kemiskinan,” tandasnya. ( PJS )

No comments:

Post a Comment