KM Dharma Kencana II Terbakar di Perairan Karimun Jawa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

30 Oktober 2017

KM Dharma Kencana II Terbakar di Perairan Karimun Jawa

KM Dharma Kencana II yang terbakar

SEMARANG, suarakpk.com - Kapal penumpang Jurusan Semarang-Pontianak terbakar di perairan Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah.  119 penumpang dan  47 awak kapal dilaporkan selamat setelah mendapat pertolongan dari sejumlah kapal yang melintas.

Dari informasi yang dihimpun kapal nahas tersebut berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Sabtu 28 Oktober sekira pukul 17.00 WIB. Kemudian saat melintas timur laut Karimun Jawa pada Minggu (29/10/2017) pukul 04.15 WIB musibah kebakaran terjadi.

Semua  penumpang yang terdiri 114 dewasa, tiga anak-anak, dan dua bayi dievakuasi menggunakan alat keselamatan kapal.

Pelaksana tugas Dirjen Perhubungan Laut, Bay M Hasani membenarkan adanya insiden itu. Dia menerangkan, seluruh penumpang kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Pontianak telah dievakuasi dengan selamat.

Menurut Bay itu dilaporkan terbakar pada pukul 04.15 WIB di posisi 47 mil barat laut Pulau Karimun Jawa dengan koordinat 05 04 858' S/109 53 900' E. "Laporan terbakarnya Kapal diterima oleh KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan SROP Semarang yang langsung mengerahkan kapal patroli KPLP KNP. 203 yang memang standby di Pelabuhan Tanjung Emas," ucap dia dalam rilisnya.

Sementara itu, Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Marwansyah  mengatakan bahwa sampai saat ini seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kumai  Kalimantan Tengah.

Dirinya menjelaskan begitu mendapatkan laporan, KSOP Tanjung Emas langsung mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi dengan KSOP Karimun Jawa dan Basarnas Semarang untuk melakukan evakuasi.

Selain itu, saya mengapresiasi bantuan Kapal KM. Kirana I tujuan Kumai yang memutar haluan untuk membantu mengevakuasi penumpang sehingga para penumpang dapat diselamatkan," tambah dia.

Di sisi lain Humas Basarnas Jateng Zulhawary menyatakan  bahwa ada 10 Kapal yang bergerak ke lokasi guna melakukan pertolongan  terhadap penumpang Kapal Darma Kencana II yang mengalami kebakaran.

Kapal tu terdiri dari Kapal KPLP KNP. 203, Kapal Polair, Kapal Basarnas KN 231 Sadewa, Kapal TNI AL KRI Soputan dan kapal-kapal swasta seperti KMP Kirana I, KMP Kelimutu, KMP Ekspres Bahari, KM Tanto Jaya dan TB Citra. (Amir)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)