Kebun Gizi yang Asri di Desa Sempu Kabupaten Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


17 October 2017

Kebun Gizi yang Asri di Desa Sempu Kabupaten Blora


BLORA, suarakpk.com - Kekurangan gizi masih merupakan masalah utama yang di hadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah dengan penanaman kebun gizi di pekarangan rumah. Hal ini dilakukan pula oleh masyarakat desa Sempu Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Sejak beberapa minggu ini program tersebut sudah mulai terlihat hasilnya beberapa tanaman sayuran seperti tomat, cabai, kubis, seledri dan sayuran lain mulai tumbuh subur. Tak ketinggalan beberapa macam buah juga ditanam di kebun bibit ini. "Adanya kebun bibit ini kita harapkan kebutuhan gizi masyarakat dapat terbantu terpenuhi," kata Kades Sempu, Suwarno. "Selain itu,  dapat menghemat pengeluaran dan tidak kesulitan mencari sayur-mayur setiap harinya," imbuhnya.



Kebun gizi di desa ini bukan pada satu tempat, seperti kebun-kebun sayur mayur biasanya. Namun, tanaman tersebut ditanam di polybag yang diletakkan di pinggir - pinggir rumah sehingga memiliki nilai tersendiri dalam hal keindahan lingkungan. Lingkungan tampak labih asri.
Ketika suarakpk berkunjung di desa ini, suasana keasrian  berbeda dibandingkan dengan desa -desa sekitarnya. Maka patut dijadikan contoh bagi desa lain bahwa kebun gizi memang memiliki nilai plus. Seperti diungkapkan oleh salah satu warga, "Kita bersyukur dalam kondisi ekonomi sekarang, desa memiliki Program Kebun Gizi yang sangat memberi manfaat bagi kami, terutama ibu-ibu," ujar wanita ini sambil tersenyum. "Sedangkan biayanya pada awalnya merupakan bantuan dari desa." Tutupnya.  (Bang Giarto)

No comments:

Post a Comment