Sejumlah Wilayah Di Kabupaten Cilacap Dilanda Banjir - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

07 Oktober 2017

Sejumlah Wilayah Di Kabupaten Cilacap Dilanda Banjir

Cilacap, suarakpk.com – Hujan ekstrem yang melanda Kabupaten Cilacap sejak Jumat malam mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap. Hingga Sabtu siang, hujan masih mengguyur Kabupaten Cilacap, sehingga banjir masih menggenangi permukiman warga.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo, saat dihubungi via phone mengatakan banjir yang melanda di wilayah di Kabupaten Cilacap akibat hujan ekstrem.

"Berdasarkan hasil pengukuran curah hujan harian di Stasiun Meteorologi Cilacap, hingga pukul 07.00 WIB tercatat mencapai 171,6 milimeter. Kondisi tersebut sudah termasuk kategori hujan ekstrem karena mencapai di atas 150 milimeter per hari," katanya Sabtu (07/10).

Bahkan, menurutnya, curah hujan harian di Bandara Tunggul Wulung, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, pada Sabtu (7/10) pagi tercatat mencapai 298 milimeter, dan diperkirakan hujan masih akan mengguyur Kabupaten Cilacap hingga menjelang siang hari.

"Kami mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap dampak hujan ekstrem tersebut. Kami akan segera informasikan jika ada perkembangan," katanya.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan selain karena sebagian wilayah Cilacap khususnya Kecamatan Cilacap Selatan sudah memasuki awal musim hujan pada dasarian (10 hari) pertama bulan Oktober, hujan yang terjadi sejak Jumat (6/10) malam hingga Sabtu (7/10) juga dipengaruhi oleh munculnya daerah pusat tekanan rendah.

“Berdasarkan citra satelit, di Australia bagian utara terdapat daerah pusat tekanan rendah yang tekanannya saat mencapai 1.005 milibar,” jelasnya.

Pantauan suarakpk.com dilapangan, sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap dilanda banjir pada Sabtu (7/10) pagi, antara lain Desa Kawunganten dan Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, dan beberapa wilayah di kota Cilacap seperti Perumahan Ketapang, Jalan Sutomo, Jalan Kendeng, dan sebagian Kecamatan Cilacap Selatan.

Bahkan, tinggi genangan air di Desa Kalijeruk dilaporkan telah mencapai di atas 50 centimeter sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap menyiagakan perahu karet untuk mendistribusikan bantuan dan evakuasi warga. (Indra/ Iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)