Beginilah Cara RAPI Lamongan Peringati Hari Kesaktian Pancasila - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 Oktober 2017

Beginilah Cara RAPI Lamongan Peringati Hari Kesaktian Pancasila


LAMONGAN, suarakpk.com - Hari Kesaktian Pancasila sebagai salah satu hari nasional yang rutin dilperingati oleh seluruh elemen masyarakat, apalagi pada tahun ini berkembang rumor akan adanya kebangkitan bahaya laten komunis di negara kita. Seperti diketahui bahwa latar belakang munculnya hari nasional ini adalah untuk memperingati hari dimana Negara Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI  menyebabkan jatuhnya banyak korban.Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memperingatinya, diantaranya melakukan upacara bendera, tumpengan, renungan suci, istighosah, nobar film G-30 S/PKI. Tak ketinggalan RAPI Lamongan memperingatinya sejak Sabtu (30/9) hingga sekarang.
Menurut ketua RAPI Lamongan, Drs.Muhammad Suuddin, SH, MH, MM, menjelaskan bahwa agenda kegiatan yang dilakukan organisasinya tadi malam adalah nobar film G-30 S/PK yang sekarang jadi kontoversial di masyarakat dan diskusi kecil terkait dengan peristiwa tersebut bertempat di halaman Sekretariat Rapi yang dihadiri oleh tamu undangan dan masyarakat sekitar. "Sengaja kita tayangkan film tersebut sebagai ajang sillaturrahmi dan pemutaran ini bisa menambah pengetahuan tentang sejarah kebiadaban PKI tahun 1965 di Indonesia." Ujarnya disela-sela acara.
Pada pagi harinya, Minggu (1/10) acara dilanjutkan dengan upacara Kesaktian Pancasila dan doa bersama. Dalam sambutannya calon doktor dari salah satu universitas ternama di Surabaya ini mengungkapkan maksud diadakan upacara ini. "Kegiatan ini tujuanya adalah pertama, ajang bersillaturrahmi antar anggota dan pengurus dengan harapan persatuan akan semakin kuat demi kemajuan organisasi RAPI itu sendiri, jaya di udara, akrab di darat, karena tanpa adanya persatuaan, sebuah organisasi apapun tak akan bisa jalan. Kedua, yang terpenting adalah kirim do'a bersama untuk para pahlawan yang gugur mendahului kita," paparnya.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari komunitas ontheling (sepeda gunung) lokal 14.324.0 dipromotori oleh Dani dan komunitas dari KUD Minatani Brondong yang dipandegani oleh Bpk Suhardi. Beberapa anggota masyarakat memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh RAPI ini. "Kita patut acungi jempol atas kepada organisasi ini yang telah memperingati hari bersejarah bagi Pancasila ini. Walaupun dengan sederhana." Ucap Mas Cobra. Tak beda jauh dengan Mas Cobra, H. Upik berkata, "Apapun kemasan dan formatnya peringatan itu yang penting adalah tidak keluar dari substansinya, yakni mengenang para pahlawan, kirim do'a dan belajar mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan yang gugur mendahului kita ini."
Lain halnya dengan Prof. Dr. K.M. Muzakkin, M.Pd.I, MH, selaku ketua Penasihat Rapi kabupaten Lamongan,yang juga ketua BPAN RI(Badan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia) ini, mengatakan, "Kebebasan berekspresi itu dilindungi undang-undang, yang penting tidak kebablasan apalagi sampai melanggar hukum dan norma. Rapi Lamongan sudah saatnya tampil beda, karena sebagai organisasi  besar beranggotakan beraneka ragam, suku,ras dan agama, Rapi harus bisa jadi alat perekat bangsa. Siapapun yang masuk ke Rapi berarti harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, peringatan ini marilah kita jadikan pelajaran hidup, jangan hanya pancasilanya saja yang sakti, tapi orangnya, rakyat indonesia juga harus sakti, tidak mudah diadu domba, tidak mau dibodohi oleh negara asing, tidak mudah terpengaruh dengan hoax dan lain-lain," tandasnya.

Soder (Fadlan, S. Sd), Sekjen RAPI Lamongan menambahkan, "Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt. Pertama, marilah jadikan Rapi ini sebagai wadah perjuangan melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk negeri ini dengan selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan. Kedua, dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini, marilah kita berdo'a semoga para pahlawan yang telah mendahului kita ditempatkan di surganya Allah SWT dan kita  semua yang masih hidup semoga selalu diberi kesehatan agar bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan," demikian pungkas Soder dalam mengakhiri pembicaraanya, (Amz).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)