Antisipasi Calo SIM, Ini Penegasan Kapolres Labuhanbatu - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


25 October 2017

Antisipasi Calo SIM, Ini Penegasan Kapolres Labuhanbatu

 Salah satu warga sedang mengikuti ujian SIM C

LABUHANBATU, suarakpk.com - Guna tertib administrasi serta uji kelayakan dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolres Labuhanbatu, sistem 90% hasil kelulusan menjadi prioritas. Tertib aturan itupun, tampaknya menjadi keluhan sejumlah masyarakat yang melakukan pengurusan di kantor Mapolres setempat.

"Sudah dua kali ngurus mau bikin SIM C, tapi gak lulus jugak, mudah-mudahan minggu depan bisa lulus," ungkap Dona Ramadani (31) warga Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu. Rabu (25/10).

Dengan semakin ekstra ketatnya manajemen pengurusan SIM dimaksud, diduga bermunculan oknum calo yang berkeliaran di lingkungan Unit SIM tersebut. Bahkan ada yang coba-coba 'bersekongkol' dengan petugas.

Tentunya, hal itupun, langsung menjadi perhatian Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, S.H,S.I.K, dan berjanji akan menindak tegas pelakunya.

"itu tidak dibenarkan, saya akan perintahkan kepada jajaran untuk tidak meng-akomodir adanya calo, dan apabila didapati, saya akan tindak tegas," ujar Kapolres

Tambah Frido, untuk antisipasi dan pengawasan terkini, pihaknya telah mempersiapkan Tim meliputi personil SiPropam di Lingkungan Unit SIM setempat. "Personil Propam sudah ditempatkan dilokasi, itu untuk penindakan oknum petugas," ujar Kapolres.

Disinggung, bahwa pengurusan SIM di mapolres setempat dinilai sulit dan hal itu menjadi keluhan sejumlah warga, Kapolres mengatakan akan melakukan analisa dan evaluasi.

"Nanti saya akan analisa dan evaluasi, saat ini seluruh kinerja Polri dalam pengawasan masyarakat, mengenai keluhan ini nanti akan saya koordinasikan dengan Polda. Sebatas Polda bisa memberikan toleransi dan nantinya pihak Polri tidak dipersalahkan, kenapa tidak!, yang pasti hal ini jadi masukan dan akan saya catat dan menjadi pertimbangan," jawab Frido.

Jelas Frido lagi, dengan adanya keluhan di masyarakat, ini adalah merupakan bukti bahwa anggotanya di unit pengurusan SIM telah melaksanakan tugas sesuai perintah atasan.

"Keluhan itu menjadi atensi, dan pelayan juga harus tertib terlaksana sesuai SOP, karena saat ini kita sedang memaksimalkan sistem pelayanan serta pencegahan adanya aksi pungli dilapangan sesuai Program Pak Kapolri yakni Promoter,  Profesional,  Modern dan Terpercaya. Apabila masih ada anggota yang coba-coba, segera laporkan dan akan kita tindak," tegas Kapolres. (IR. 012/RED/SUMUT)

No comments:

Post a Comment