60 Kursi Peserta Binlat Penerimaan Anggota Disiapkan Polres Wonosobo - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 October 2017

60 Kursi Peserta Binlat Penerimaan Anggota Disiapkan Polres Wonosobo

Peserta Binlat melakukan sit up

WONOSOBO, suarakpk.com - Ratusan remaja mendatangi Mapolres Wonosobo untuk mendaftar Pembinaan dan Pelatihan (Binlat) Penerimaan Anggota Polri tahun 2018. Tercatat 329 Putra Daerah Kabupaten Wonosobo lolos kriteria tinggi badan dan administrasi awal. Dari 329 peserta tersebut, hanya 119 yang lolos dari seleksi tahap pertama pada Senin hingga Rabu (23 s/d 25 Oktober 2017) kemarin. Jumlah ini masih terhitung sangat banyak mengingat anggaran yang tersedia hanya cukup untuk 60 peserta. Untuk mengantisipasinya, pada Kamis (26/10) Polres Wonosobo menggelar seleksi tambahan berupa tes kesamaptaan jasmani di Alun-alun Wonosobo.

Tes kesamaptaan jasmani ini sudah diaplikasikan sama dengan tes seleksi penerimaan anggota Polri. Mulai dari pengecekan kesehatan sebelum pelaksanaan kegiatan, lari 12 menit, push up, sit up, pull up hingga shuttle run. Kegiatan dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Wonosobo.
Kabag Sumda Polres Wonosobo Kompol Kiswan Indrayani, S.Sos., menyatakan bahwa seleksi kali ini akan meloloskan 70 peserta. “Selanjutnya dari jumlah tersebut akan menjalani tes psikologi awal  pada hari Sabtu (28/10) esok di Oemah Nduwur Andongsili Wonosobo,” katanya. “Kemudian dari 70 akan dikurangi menjadi 60 peserta untuk mengikuti kegiatan binlat. Hal ini terkait dengan jumlah anggaran yang ada yang sepenuhnya ditanggung oleh Pemkab Wonosobo,” lanjut Kabagsumda.

Selanjutnya Kabagsumda menegaskan bahwa pelaksanaan binlat ini, para eserta tidak dipungut biaya sepeserpun. “Gratis. Oleh karenanya jumlahnya terbatas. Semoga tahun depan aka nada penambahan anggaran sehingga bisa menambah jumlah peserta,” ujarnya.
Sementara itu, bagi peserta yang tidak lolos seleksi pertama ataupun tes kesamaptaan jasmani ini, Polres Wonosobo menyiapkan program pendampingan. “ Contoh untuk peserta yang gagal pada seleksi tahap pertama, kebanyakan karena kelebihan berat badan, mata minus, gigi berlubang dan lain-lain,” terang Kompol Kiswan. “Ditambah dengan peserta yang gagal  pada tes kesamaptaan jasmani ini, akan kami lakukan pendampingan sehingga diharapkan pada tahun depan, apa yang menjadi kekurangan para peserta bisa diatasi untuk kemudian bisa mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri lagi,” tutupnya. (Irfan/Kholiq)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad