Visitasi Akreditasi Sekolah SDN 1 Manggis - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


18 September 2017

Visitasi Akreditasi Sekolah SDN 1 Manggis

WONOSOBO, suarakpk.com - Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) melakukan visitasi dalam rangka akreditasi sekolah secara serentak di pada tahun 2017. Salah satu sekolah yang sedang diakreditasi adalah SDN 1 Manggis. Sekolah yang memiliki siswa 113 anak ini untuk kali kedua melakukan akreditasi sekolah sebelumnya tahun 2012.
Seperti diketahui bahwa tujuan utama dari akreditasi adalah untuk mengetahui ketercapaian standar pendidikan nasional  di setiap sekolah. Hal ini disampaikan oleh salah satu tim assesor, Surwandi, S.Pd. "Tujuan visitasi ini adalah menilai pencapaian delapan standar nasional pendidikan disetiap sekolah. Delapan standar tersebut seperti, standar isi, standar proses, standar pengelolaan, standar kompetensi lulusan, standar sarana dan prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pembiayaan dan standar penilaian." Paparnya.
“Delapan standar tersebut memiliki indikator ketercapaian yang merupakan standar minimal yang harus dicapai oleh sekolah untuk mendapatkan akreditasi,” lanjut pria yang kesehariannya sebagai pengawas SD di Kecamatan Selomerto ini.
Visitasi yang akan dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Senin - Selasa (18-19/9). Pada hari pertama visitasi tim assesor akreditasi melakukan penilaian administrasi dan hari kedua akan melaksanakan penilaian observasi kegiatan belajar mengajar. Sebelumnya pihak sekolah telah mengisi evaluasi diri sekolah secara online yang disediakan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional melalui situs sispena.bansm.or.id.
Kepala sekolah menyatakan bahwa pada akreditasi pertama sekolah ini mendapatkan nilai B. "Akreditasi sebelumnya kami mendapat nilai B, sedang pada akreditasi kali ini  sepenuhnya kami serahkan kepada tim assesor," ujar Haryasa, S.Pd. disela-sela pekerjaanya. (Edi)

No comments:

Post a Comment