Tujuh Orang Tewas Hirup Asap Beracun Genset di Malang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 September 2017

Tujuh Orang Tewas Hirup Asap Beracun Genset di Malang




MALANG, suarakpk.com – Pagi hari kemarin, Jumat (29/9) desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo geger, pasalnya di kantor desanya ditemukan tujuh orang tewas. Korban pertama kali ditemukan oleh warga dan langsung melaporkannya ke kepala desa yaitu sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah Kepala Desa Ngadas, Mujianto mendapat laporan bahwa di tujuh orang yang tidur di ruang genset kantor desa tersebut belum bangun, kemudian mengecek lokasi ternyata ketujuh orang tersebut telah meninggal dunia. “Setelah mendapat laporan dari warga bahwa beberapa orang yang tidur di kantor desa belum bangun hingga sekitar pukul 07.00 WIB, ini diluar kebiasaan mereka. Maka kami cek lokasi dan mendapati mereka telah tewas.” Beber Mujiyanto.
Kades ini menuturkan kronologis kejadiannya, pada awalnya Kamis (29/9) sejak pukul 20.00 – 23.30 dilakukan rapat desa membahas pelebaran jalan desa di kantor desa.  Namun rapat dalam kondisi dengan penerangan seadanya, sebab listrik PLN padam. Pada pukul 23.30 WIB datang dua teknisi perusahaan telekomunikasi dan lima orang pekerja bangunan desa. Sekitar pukul 00.00 WIB teknisi perusahaan telekomunikasi membenahi tower tersebut dan menghidupkan genset. Sedang letak genset sendiri berada di ruangan kantor desa, mungkin setelah membenahi tower mereka tidur di ruang tersebut. “Udara desa ini bila malam dingin, mereka menutup pintu ruangan agar hangat udaranya agar tidurnya nyaman. Mungkin disitulah letak kesalahannya dalam kondisi ruangan tertutup namun asap genset terus bertambah akhirnya udara bersih berkurang dan mereka hirup racun karbondioksida hingga berakibat tewasnya mereka.” lanjutnya.
Sedangkan Kanit Reskrim Polsek Poncokusumo Aiptu Andik Ristianto menandaskan ruangan tersebut ditutup untuk menghindari udara dingin Desa Ngadas. “Posisi ketujuh korban tidak berjauhan. Korban meninggal ada yang tergeletak di kursi dan di lantai. Bahkan ada yang seperti orang duduk,” Sambungnya.

Waktu dikonfirmasi ke PH Kasubbag Humas Polres Malang Ipda Ahmad Taufik membenarkan kejadian tersebut. “Ketujuh orang tersebut diduga menghirup CO (Carbon Monoksida) dari asap Genset dan kekurangan O2 karena balai desa pintu tertutup semua dan tidak ada rongga udara.” Ujarnya.
“Ketujuh korban yang meninggal dunia di lokasi itu adalah:
1. Nurokhim (33), warga Desa Wonorejo, RT 05/RW 02, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.
2. Ahmad Saifudin (38) warga Wonorejo, RT 05/ RW 02, Kecamatan Poncokusumo, Kab Malang.
3. Hasrul Prio Purnomo (29) Desa Mojodadi RT 04/RW 04, Kecamatan Kedungpring, Kab Lamongan.
4. Muhammad Yusuf (18) warga Samaan Kota Malang.
5. Jumad (34) Desa Gedogwetan, RT 2/ RW 2, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.
6. Imam Safii (19) Desa Wonorejo, Kecamatan Poncokusumo, Kab Malang.
7. Irawan (35) yang juga berasal dari Desa Wonorejo.
Kondisi waktu ditemukan satu orang mengeluarkan darah dari hidung. Sedangkan enam lainnnya tidak. “ pungkasnya. (Sunarto)

No comments:

Post a Comment