Rekor Se-Indonesia, Partisipasi Warga Pada Bersih Desa Capai 1 M - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

28 September 2017

Rekor Se-Indonesia, Partisipasi Warga Pada Bersih Desa Capai 1 M


MALANG, suarakpk.com - Bulan Muharram adalah bulan yang istemewa bagi umat Islam khususnya bagi masyarakat Jawa. Dalam menyambut bulan tersebut berbagai kegiatan dilaksanakan. Salah satunya adalah masyarakat Desa Karanganyar Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang dalam menyambut pergantian tahun baru Islam 1439 H  dilaksanakan dengan penuh semarak. Pergantian tahun Islam bersamaan dengan 1 Sura tersebut diperingati dengan kegiatan bersih desa. "Setiap tahun di desa kami memang diadakan bersih desa yang dilaksanakan setiap Sura/Muharram. Dan peringatan tahun ini lebih meriah dan semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya." Ucap beberapa warga sambil mengikuti kegiatan dengan semangatnya.
"Desa ini bila mengadakan bersih desa, acaranya meriah apalagi tahun ini sungguh berbeda dengan tahun lalu, lebih meriah !" ujar warga tetangga desa yang menonton acara bersih desa.
Berbagai agenda acara dalam bersih desa ini, sebelumnya pada malam harinya telah diadakan selamatan desa dengan menggelar Tumpengan untuk berdoa bersama, berharap pada tahun ini seluruh warga desa diberi keselamatan dijauhkan dari segala hal yang negatif serta tidak gagal panen bahkan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Dilanjutkan keesokan harinya pukul 09.00 WIB, Kamis, (28/9) diadakan karnaval yang diikuti seluruh warga dalam kelompok-kelompok RT. Rute yang ditempuh dari perbatasan Dusun Gadungan Desa Wajak dan berkeliling di lima pedukuhan Desa Karanganyar.

Menurut penuturan beberapa tokoh masyarakat, partisipasi warga dalam kegiatan bersih desa ini patut diapresiasi sebab warga dengan sukarela menyumbangkan tenaga, pikiran, dan iuran demi suksesnya agenda tahunan ini. "Sejak persiapan beberapa minggu lalu hingga karnaval diikuti seluruh warga dengan sangat antusias penuh kebersamaan," kata ketua RT ini. "Bahkan iuran setiap RT. untuk pelaksanaan acara ini dari 25 juta hingga 30 juta rupiah. Di desa ini ada 45 RT. Bila ditotal partisipasi warga capai 1 milyaran," Sahut Khairul, Kades desa ini. "Acara hari ini saja biaya yang dikeluarkan sebesar 88 juta rupiah," ungkapnya lebih lanjut disela-sela kegiatan.

Di tempat berbeda salah warga, Nikmah mengatakan bahwa warga sangat senang dengan adanya bersih desa ini sehingga kegiatan karnaval pun diikuti dengan sangat antusias. "Agar kemeriahan ini semakin semarak kita sewa sound system yang terbaik, hingga capai tiga puluhan juta." Jelasnya.
Hal senada diungkapkan oleh warga yang lain. "Desa kami memang patut dijadikan contoh oleh desa yang lain, sebab dibawah kepemimpinan Kades Khairul keberhasilannya sangat terasa sekali. Dari pembangunan, kerukunan dan partisipasi warga hingga keterbukaan dalam hal keuangan, dengan cara begitu menurut beliau akan terhindar dari tindakan korupsi." Sambung warga disamping Nikmah. (Sunarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)