Pangonal Harahap : TMMD Merupakan Bagian Dari Urusan Pemerintahan Umum - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

29 September 2017

Pangonal Harahap : TMMD Merupakan Bagian Dari Urusan Pemerintahan Umum


 LABUHANBATU, suarakpk.com - Kegiatan TMMD tentu merupakan bagian dari perwujudan pelaksanaan urusan Pemerintahan Umum, sebagaimana dimaksud pasal 25 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara limitatif dalam ketentuan pasal 25 ayat (3) undang-undang nomor 23  tahun 2014 mengatur bahwa dalam melaksanakan tugas urusan pemerintahan umum Kepala Daerah dibantu oleh instansi vertikal, oleh karena itu kegiatan TMMD yang akan diselenggarakan oleh TNI sangatlah kontekstual dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah saat ini.

Demikian disebutkan Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, S.E, M.Si, Rabu (27/9) pada upacara Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-100 Kodim 0209/LB Tahun Anggaran 2017 bertempat di Lapangan Bola Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat yang dihadiri Danrem 022/PT Kolonel ARM Khoirul Hadi, Wakil Bupati Labusel, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap dan Kepala SKPD serta Camat se-Labuhanbatu.

Dikatakan Pangonal Harahap, kita harus senantiasa mengembangkan kerjasama dan pemikiran konstruktif, terkait dengan pelaksaan tugas pokok TNI, terlebih kita pun menyadari bahwa kepentingan rakyat kesejahteraan masih rendah, lebih membutuhkan perhatian dan percepatan penanganan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kedepan.

“Selaku Kepala Daerah saya menyadari benar, bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan, akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah, korelasinya tercapainya tujuan pembangunan nasional yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur dan sejahtera," jelas Pangonal Harahap.

Bupati Labuhanbatu ini juga mengatakan, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok TNI, atas nama jajaran Pemerintah Daerah, kami menyatakan dukungan penuh atas pelaksanaan tugas-tugas TNI di daerah, selanjutnya berkenaan dengan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke-100 Tahun 2017, atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangdam I/Bukit Barisan, Komandan Korem 022/Pantai Timur khususnya kepada Komandan Kodim 0209/Labuhanbatu beserta jajaran serta kepada seluruh pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol CZI Denden Sumarlin, S.E  selaku Dansatgas TMMD dalam laporannya menyebutkan,  bahwa kegiatan TMMD Ke-100 yang berlokasi di Desa Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat terdiri dari kegiatan Pra TMMD dimulai tanggal 9 s/d 26 September 2017 dan TMMD tanggal 27 September s/d 26 Oktober 2017.

Dijelaskan Denden Sumarlin, bahwa kegiatan TMMD ke-100 terdiri dari Pembukaan badan jalan sepanjang 3.000 meter x 8 meter dari Dusun VI menuju Dusun VII Desa Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat, kemudian Pengerasan badan jalan sepanjang 3.000 meter x 4 meter dari Dusun VI menuju Dusun VII Desa Bandar kumbul dan Bedah Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 21 unit di Desa Bandar Kumbul, Pembuatan Teras Mesjid sebanyak 1 unit, Perehaban Gereja 1 unit, Perehaban Taman Pembacaan Al Qur’an 1 unit, Pembuatan MCK Umum sebanyak 3 unit, Pembuatan Pos Siskamling sebanyak 3 unit dan pembuatan Tugu TMMD Ke-100 Kodim 0209/LB.

Dandim berpangkat Letnan Kolonel ini juga mengatakan, bahwa dalam TMMD ini juga dilaksanakan kegiatan Non Fisik antara lain, Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba, Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan tentang Pertanian, Penyuluhan tentang Hukum dan Penyuluhan tentang Kerukunan antar umat beragama.

Pelaksanaan Kegiatan TMMD Ke-100 ini melibatkan personil TNI 123 orang, Polri 12 orang, Pemda 15 orang dan Masyarakat sebanyak 150 orang, sedangkan Logistik pasukan dari komando atas selama 34 hari atau alat peralatan yang digunakan antara lain Beco Excapator, Dump Truk, Greder/Bomak, Chain Shaw/Gergaji Mesin, Sendok Semen, Raskam Kayu, Cangkul, Sekop, Kereta Sorong, gergaji Tangan, Martil, Kampak dan Paku, jelas Denden Sumarlin.

Dalam acara Pembukaan TMMD Ke-100 ini dirangkai dengan penyerahan peralatan logistik kepada 3 orang personil oleh Bupati Labuhanbatu yang dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan pengobatan gratis dan pembukaan jalan dari Dusun VI menuju Dusun VII bersama dengan Danrem 022/PT serta Dandim 0209/LB dengan mengenderai kenderaan roda dua.(IR. 012/RED/SUMUT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)