Kasban : Walaupun Gunung Agung Sudah Level IV, Namun Belum Diketahui Kapan Letusan Akan Terjadi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

25 September 2017

Kasban : Walaupun Gunung Agung Sudah Level IV, Namun Belum Diketahui Kapan Letusan Akan Terjadi


JAKARTA, suarakpk.com – Kabar santer tentang Gunung Agung akan meletus yang menimbulkan kepanikan warga masyarakat di sekitar gunung tersebut mendapat perhatian serius dari pemerintah. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani membenarkan bahwa status gunung tersebut sudah dinaikan pada level IV atau siaga sejak Jumat (22/9). Namun tidak dapat memastikan kapan Gunung Agung, yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Bali akan meletus.
"Baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api di dunia yang mempelajari aktivitas gunung api secara ilmiah, belum ada satu pun yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi." Tegas Kasbani.
"PVMBG melihat tanda-tanda aktivitas gunungapi melalui pengamatan secara menerus (24 jam/hari) secara visual maupun instrumental. Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunungapi Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus," lanjut Kasbani dalam siaran persnya Minggu (24/9) malam.

Dilain pihak Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menambahkan, PVMBG terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Pemda dan instansi terkait untuk mengantisipasi dampak apabila terjadi erupsi.
Sedang mengenai beredarnya isu bahwa Gunung Agung segera meletus, Kasbani mengaku tidak dapat memastikan kebenarannya, karena ramalan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh PVMBG dalam memahami aktivitas gunungapi.

"Masyarakat diminta agar tidak mudah termakan berbagai ISU atau RAMALAN dari sumber yang tidak jelas, dan tidak panik serta tetap meningkatkan kewaspadaan," ucap Dadan mengimbau masyarakat.  (Red.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)