Harga Tembakau Temanggung Jaya, Petani Senang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


08 September 2017

Harga Tembakau Temanggung Jaya, Petani Senang


TEMANGGUNG, suarakpk.com- Wilayah Temanggung dan sekitarnya waktu sekarang panen raya tembakau. Petani berlomba-lomba dalam mengolah hasil kebun yang ditunggu-tunggu itu, lalulalang kendaraan pun begitu terasa kepadatanya di wilayah Kabupaten yang berada di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing ini.
Cuaca pada musim kemarau ini sangat bersahabat yang berdampak kualitas tembakau sangat baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun kemarin misalnya, kualitas tembakaunya jauh dari yang diinginkan oleh pabrik rokok.
Aktifitas dari pagi hingga malam baik di jalan raya maupun di rumah-rumah petani tembakau seolah tiada berhenti. Pasalnya para petani sibuk mengolah hasil panen tembakaunya.

Salah satu petani tembakau di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung,  Samad mengatakan, "Mugo-mugo tahun saiki mbako payune apik dadi bisa gawe nutup rugi tahun wingi. (Semoga tahun ini tembakau harga jualnya bagus jadi bisa menutup kerugian tahun kemarin. Red)." Ujar Samad disela-sela mengolah tembakau.
Hal senada diungkapkan oleh Pornano. "Kita berharap harga tembakau sekarang stabil dan bagus jadi semua bisa merasakan hasil panen tahun ini. Petani untung pembeli juga untung jadi semua bisa jalan," Ujar padagang tembakau musiman yang berkeliling dalam mencari barang dagangannya sambil merekap tembakau yang dibelinya.
"Disamping itu, kalau tembakau bagus harga jualnya juga demikian. Dampaknya perekonomian di wilayah itu akan jalan dan di daerah lainnya pun ikut merasakan," jelasnya lebih lanjut. (Gus Mono)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad