GSUI dan Aliansi Masyarakat Islam Batubara Gelar Penggalangan Dana Lewat Aksi Solidaritas Muslim Rohingya - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


10 September 2017

GSUI dan Aliansi Masyarakat Islam Batubara Gelar Penggalangan Dana Lewat Aksi Solidaritas Muslim Rohingya



BATUBARA, suarakpk.com - Dalam rangka mewujudkan ukhuwah islamiyah terhadap penderitaan yang dirasakan muslim Rohingya. Gerakan Syiar Ukhuwah islamiyah(GSUI) kabupaten Batubara bekerja sama dengan Aliansi Masyarakat Islam Batubara melaksanakan aksi solidaritas dan penggalangan dana peduli muslim rohingya yang di gelar di masjid Al Munawwaroh desa Sipare-Pare kecamatan Air Putih kabupaten Batubara, Minggu, (10/09)

Adapun organisasi yang terlibat adalah: GSUI, MT Al Adalah, JPRMI, Forum Rohis Nusantara, Forum Alumni Rohis Batubara, Ikatan Pemuda Alwasliyah, Formis, dan SALIMAH Batubara

Acara diawali dengan sholat subuh berjamaah, tausiyah, dzikir dan doa bersama, sholat jenazah ghaib, dilanjutkan penggalangan dana.

Ketua GSUI kabupaten Batubara, ustadz Ahmad Hadian Kardiadinata S. Pd.I  menyampaikan, seluruh kaum muslimin agar bersatu meningkatkan ukhuwah islamiyah untuk membantu muslim Rohingya. Tragedi kemanusiaan muslim rohingya harus di akhiri.

"Menyikapi apa yang terjadi di Rohingya ada 3 hal yg harus dilakukan oleh umat Islam di Indonesia :

1. Umat Islam wajib memiliki pemahaman yg utuh dan benar dalam hal ukhuwah Islamiyah.
Bahwa apa yang terjadi hari ini di Rohingya adalah tanggung jawab seluruh umat Islam didunia. Umat Islam laksana satu tubuh, jika satu bagian menderita luka maka bagian yang lainnya akan merasakan deritanya.

2. Umat Islam harus meningkatkan kesabaran dan doa.
Kita selalu doakan saudara kita disana agar segara diangkat kesulitannya.

3. Infaq harta kita untuk mereka.
Mereka perlu makanan, obat obatan, selimut, susu bayi dan lain lain," kata hadian yang juga pengurus Majelis Taklim Al Adalah Batubara

Senada juga yang disampaikan sekretaris GSUI Batubara, ustadz Al Asyari S.Ag, M. Si, dalam tausiyahnya menyampaikan, umat islam supaya lebih meningkatkan kepedulian terhadap sesama, tanpa membedakan suku, bangsa dan latar belakangnya.

"Allah perintahkan kita bersatu, hindarkan perpecahan, umat islam diikat dengan aqidah yang sama dan dengannya kita dipersatukan Allah swt, bukan ikatan lainnya, persaudaraan dalam Islam tidak dibatasi wilayah teritorial, kesukuan atau kebangsaan. karena ikatan tersebut tidaklah kuat. semangat persaudaraan Islam itulah yg menggerakkan kita merasakan apa yang dirasakan oleh saudara saudara kita Muslim Rohingya di Myanmar." Tausiahnya.

Lanjut Asyari, Peristiwa pembantaian dan tragedi kemanusiaan rohingya tidak bisa dibiarkan.

"Sakit yang mereka rasakan adalah sakitnya kita, luka mereka adalah luka kita, duka mereka adalah duka kita, umat Islam seluruh dunia harus bergerak dan tidak boleh diam agar wujud ukhuwah tersebut nampak kepermukaan. Dan peristiwa di Myanmar menjadi pelajaran besar bagi umat Islam terbesar negeri ini, jangan sempat dibantai dibinasakan di habisi baru menyesal, bahwa persatuan dan kepedulian sesama kita sangat dibutuhkan. Umat bersatu tak akan terkalahkan," paparnya

Dalam aksi penggalangan dana untuk muslim Rohingya terkumpul Rp. 48.102.900, 00. Donasi akan disalurkan melalui Lembaga Kemanusiaan Nasional Rumah Zakat Indonesia.  "Alhamdulillah, seluruh pengumpulan dana ini kita peruntukkan untuk muslim rohingya bekerjasama dengan rumah zakat indonesia yaitu sebuah lembaga nasional yang berlisensi." Terang ustadz Hadian. (Hotma)

No comments:

Post a Comment