Pelestarian Tari Angguk dan Tari Warok Wonosobo oleh SDN 1 Manggis - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


14 August 2017

Pelestarian Tari Angguk dan Tari Warok Wonosobo oleh SDN 1 Manggis


WONOSOBO, suarakpk.com - Suasana kemeriahan persiapan memperingati Hari Kemerdekaan di berbagai wilayah mulai terasa. Demikian pula dengan Kecamatan Leksono berbagai persiapan demi persiapan telah dilakukan untuk sambut hari bersejarah tersebut. Salah satunya adalah SDN 1 Manggis walaupun dengan keterbatasannya sekolah ini berusaha semampunya untuk berpartisipasi memeriahkannya. Salah satu patirsipasi yang dilakukan adalah persiapan lomba pentas seni SD/MI dan lomba-lomba lain. Menurut Sulastri, S.Pd.SD selaku guru kelas 1 yang mengampu seni tari mengatakan bahwa seni tari yang ditampilkan merupakan tarian khas yang ada di lingkungan Desa Manggis. "Anak-anak sudah tidak asing lagi dengan jenis tarian yang ditampilkan sebab mereka sering berlatih", ujarnya disela-sela melatih pentas seni tari (14/8).
"Tarian yang akan ditampilkan pada tanggal 17 Agustus di Pendopo Kecamatan adalah Tari Warok Wonosobo penarinya anak-anak putra sedangkan anak putri menampilkan tari Angguk. Tarian Warok Wonosobo dan Angguk sangat cocok ditampilkan pada acara ini karena memiliki gerakan yang penuh semangat dan kebersamaan dalam gerak sesuai dengan semangat para pejuang dalam merebut kemerdekaan ." Lanjutnya.
Sedangkan Marsiti, S.Pd.I yang juga mendampingi anak-anak berlatih berkata, " Anak-anak dalam berlatih menari sangat antusias walaupun berlatih di halaman sekolah yang panas dan berdebu apalagi tarian mereka akan diikutkan dalam lomba pentas seni di kecamatan pada puncak peringatan Hari Kemerdekaan". "Dengan mengikuti dan menampilkan tarian ini, kita harapkan mereka akan cinta akan budaya sendiri sebagai bentuk cinta tanah air Indonesia sehingga mereka tidak lupa akan budaya adi luhung yang dimiliki oleh bangsa kita",  sambungnya.(Edi)

No comments:

Post a Comment