Kapolres Lamongan Luncurkan "SOTO LA" - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


02 August 2017

Kapolres Lamongan Luncurkan "SOTO LA"



Lamongan, suarakpk.com - Himbauan Kapolri tentang “Peningkatan Pelayanan Publik yang lebih mudah dan berbasis Teknologi Informasi” telah dilakukan Kapolda Jatim diantaranya Jajaran di Polres Lamongan.
Kapolres Lamongan AKBP Juda Nusa Putra SIK meluncurkan inovasi dan program terbaru dalam rangka pelayanan masyarakat dan diberi nama SOTO LA.
“SOTO LA disini bukan berupa makanan khas Lamongan yang berkuah dan nikmat, namun SOTO LA disini adalah singkatan dari Sistem Operasional Terpadu Online LAmongan. Dimana dalam program tersebut Polres Lamongan telah membuat sebuah aplikasi berbasis android dengan berbagai macam fitur yang memudahkan masyarakat Lamongan dalam mengakses berbagai layanan Polres Lamongan.” terang Juda kepada suarakpk.com.
Juda menambahkan Aplikasi “SOTO LAMONGAN” sekarang sudah dapat diunduh langsung dalam Play Store Android, ukurannya yang relatif kecil di jamin tidak akan memberatkan daya kerja smartphone Android.
“Saat sudah selesai mengunduh dan menginstalnya, penggunanya langsung bisa mengoperasikan aplikasi ini dan memanfaatkan pelayanan Online POLRES LAMONGAN. Akan tetapi sebelumnya harus registrasi terlebih dahulu dengan data pribadi yang sebenarnya untuk memudahkan jajaran kepolisian dalam melakukan layanan.” Jelas Kapolres Lamongan.
Kapolres menuturkan, pada langkah pertama, pengguna akan diminta mengisi dengan email pendaftaran dan juga password, jika belum terdaftar harus registrasi terlebih dahulu. Saat klik registrasi, para pengguna akan melihat menu biodata yang harus diisi. Biodata terdiri dari Nama, No e-KTP, alamat, No HP dan email serta password. Semua biodata harus diisi dengan benar dan menggunakan data yang sebenarnya. Ini adalah aplikasi yang penting bagi ketertiban, kenyamanan dan keamanan masyarakat sehingga harus digunakan dengan bijak, tutur Juda.
Lebih lanjut Juda mengungkapkan, untuk email dan password, nantinya ini digunakan untuk log-in setiap kali ingin masuk dalam aplikasi dan menggunakan layanan. Jika biodata yang dimasukkan tidak benar, maka aplikasi akan menolak secara otomatis. Begitu juga jika sebelumnya sudah terdaftar dan ingin mendaftar lagi sistemnya juga menolak. Saat sudah berhasil registrasi, para pengguna bisa log-in menggunakan email dan password yang digunakan tadi.
Setelah itu akan tampil menu utama dari aplikasi SOTO  Lamongan yakni :
Pengaduan, Permohonan SKCK online, Permohonan SIM Online, Permohonan Izin keramaian
Laporan kehilangan, Berita Polres Lamongan (News), Edit Profil, Cctv, Call center, SMS center, Panic Button.
Juda menerangkang, sebelum memanfaatkan fitur-fitur tersebut, alangkah baiknya jika klik edit profil terlebih dahulu karena hal itu diperlukan saat menggunakan fitur-fitur lainnya. Dalam profil, biodata nya harus diisi sesuai dengan sebenarnya, ada form foto juga untuk menguatkan dan menampilkan wajah pengguna. Penjelasan masing-masing fitur adalah sebagai berikut :
PENGADUAN
Ini adalah Aplikasi Pelayanan Masyarakat secara Online dan langsung. Masyarakat bisa curhat langsung mengenai banyak hal yang terjadi di sekitarnya seperti Laporan Keamanan, kemacetan, bencana alam, laka lantas dengan menyertakan foto dan lokasi kejadian berupa koordinat dan akan terkirim ke server dan langsung ditanggapi oleh anggota yang bertugas di sekitar wilayah tersebut atau Satuan kerja lain di Polres Lamongan.
Permohonan SKCK Online
Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk pelayanan prima institusi Polri bagi masyarakat. Jika sebelumnya dalam pembuatan SKCK tampak ribet dan menempuh birokrasi yang panjang mulai dari tingkat RT, Desa hingga kecamatan baru ke Polsek, maka dengan aplikasi ini masyarakat bisa langsung mengajukan pembuatan SKCK secara Online tanpa perlu datang ke Polsek dan melalui birokrasi lain. Nantinya sistem akan otomatis memproses pengajuannya dengan mensinkronkan data-data dari orang-orang yang terlibat kasus kriminal atau kejahatan di data base Polri. Jika sebelumnya tidak pernah terlibat kasus kejahatan secara otomatis pengajuan SKCK akan diterima dan dapat di print di mana saja. Lama pengajuan tergantung antrian saat itu.
SIM Online
Mekanisme hampir mirip dengan SKCK Online, hanya saja ditujukan untuk keperluan SIM. ada 2 pilihan dalam fitur ini yakni memperpanjang dan pengajuan baru. Pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan.
IZIN KERAMAIAN
Jika sebelumnya saat akan mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti hajatan, pertunjukkan musik dan sebagainya harus datang ke kantor kepolisian untuk meminta izin keramaian, dengan aplikasi SOTO LAMONGAN hal itu tidak perlu lagi. Dengan aplikasi ini izin keramaian bisa secara Online di ajukan.
Laporan Kehilangan
Fiturnya hampir sama dengan fitur pengajuan SKCK, SIM dan izin keramaian. Jika data profil sudah di edit dan diisi, maka pengguna bisa langsung melaporkan adanya kehilangan yang dialaminya. Item/barang yang hilang, Hari, jam dan tempat kehilangan diisi dengan keadaan yang sebenarnya. Petugas yang berwenang akan segera meresponnya.
News
Pada fitur ini masyarakat bisa mengetahui Berita dan Informasi terbaru yang update setiap hari mengenai kejadian-kejadian di Kabupaten Lamongan dan juga kegiatan jajaran Polres Lamongan.
Edit Profil
Ini adalah fitur terpenting dalam aplikasi ini karena untuk menggunakan semua fitur dalam aplikasi SOTO LAMONGAN Profil harus diisi dengan benar sehingga dapat di pertanggung jawabkan.
CCTV
Fitur ini adalah pantauan CCTV langsung dari tempat-tempat publik di wilayah Lamongan. Gunanya untuk mengetahui perkembangan Traffic ( Arus Lalu Lintas, Rawan Laka, dan Rawan Macet) dan Objek Vital lainnya seperti Pemukiman Warga, Lapas, Pemerintahan, Perbankan, Perkantoran, Pertokoan dan lain sebagainy. CCTV ini dapat di akses  masyarakat langsung via Smartphone yang dimiliki.
Call Center dan SMS Center
Seperti namanya, fitur ini digunakan untuk pengaduan dan pelaporan terkait kejadian sekitar dengan cara menelpon atau sms perugas. Di dalam fitur ini sudah ada no telepon dan Hp yang bisa dihubungi.
Panic Button
Dalam keadaan darurat atau kondisi berbahaya, masyarakat bisa langsung menghubungi aparat kepolisian terdekat dengan menekan tombol ini. Hati-hati dalam penggunaan, jika tidak benar-benar dalam keadaan darurat jangan sekalipun menekan tombol ini karena bisa saja dianggap mempermainkan aparat Kepolisian dan dapat pasal penipuan. Bukan kenyamanan yang didapat tapi masuk sel tahanan.
Pada fitur Panic Button ini, jika tombolnya di sentuh, sistem akan otomatis mengirimkan koordinat dan lokasi kejadian ke server di command center Polres Lamongan. Sitem juga akan langsung terhubung dengan Polsek atau Polres terdekat. Setelah tombol ditekan dan diterima oleh server, otomatis alarm berbunyi dan operator bisa memberikan informasi ke petugas di Lapangan yang dekat dengan Lokasi Kejadian.
Itulah fitur-fitur yang ada dalam aplikasi SOTO LAMONGAN yang dikemas dalam teknologi IT berbasis Android. Sistem ini akan terus dilakukan pengembangan dan perbaikan demi pelayanan yang optimal untuk Masyarakat. Sehingga masyarakat semakin merasakan keamanan dan kenyamanan dimanapun berada,urai Juda.
Program tersebut mendapat apresiasi dari Kapolri Jenderal Tito Karniva karena program tersebut dinilai cepat dan bebas KKN karena masyarakat tidak harus betatap muka dengan Polisi. (Hadi/Asnan)

No comments:

Post a Comment